Manfaat beralih dari invoice manual ke invoice online – Dalam menjalankan suatu bisnis, membuat invoice atau tagihan merupakan salah satu hal penting yang harus Anda lakukan. Biasanya, tagihan ini diberikan ketika pelanggan sudah melakukan konfirmasi barang yang akan dibeli. 

Setelah itu, barulah invoice dikirimkan oleh sang penjual, baik itu melalui pos ataupun diantarkan langsung atau biasanya menggunakan kurir. Tapi zaman semakin canggih, membuat orang memilih untuk mengirimkannya via Email.

Penggunaan kertas ataupun microsoft excel untuk membuat invoice disinyalir hanya membuang-buang waktu lantaran Anda harus membuatnya secara manual. Melakukan setting template, mengisi formulir hingga menghitung jumlah pajak merupakan masalah-masalah umum yang kerap dialami pelaku usaha ketika membuat tagihan secara manual dengan menggunakan kertas.

Selain itu Anda juga menghemat puluhan juta dengan menggunakan invoice digital. Bayangkan, jika Anda mengirim 100 invoice dalam satu hari, Anda harus menghabiskan uang sebesar Rp1.000.000. Jika dikalikan dengan 30 hari, maka, Anda menghabiskan Rp30.000.000. Dengan invoice digital, Anda tidak akan mengeluarkan uang sama sekali, lebih hemat kan? 

Jika dikalikan 1 tahun, maka Anda bisa menghabiskan Rp360.000.000, dana ini tidak sedikit dan sebenarnya bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya. Nah, sudah tahu kan, makanya kamu harus menggunakan invoice digital.

Berikut ini merupakan 7 manfaat beralih dari invoice manual ke invoice online.

Baca Juga: Apa itu Invoice? Serta Mengapa Itu Penting Untuk Bisnis?

Manfaat Beralih dari Invoice Manual ke Invoice Online. 

1. Manajemen yang Lebih Baik

Untuk mengelola bisnis dengan cara yang baik, Anda harus memiliki sistem manajemen yang efisien dalam membuat, mengirim, maupun melacak invoice yang dikirimkan. Dengan mengirimkan invoice secara online, Anda sudah bisa memangkas waktu, kertas dan juga uang untuk pendanaan pembuatan tagihan manual.

Keberadaan invoice online, sangat memudahkan dalam membuat dan mengirim invoice sewaktu-waktu, kapan pun dan dimanapun Anda berada. Membuat invoice online juga akan mempermudah Anda dalam melakukan pelacakan invoice. Anda tidak perlu lagi mencari satu per satu invoice yang memiliki status belum dibayar oleh pelanggan karena semuanya sudah terekam rapi dalam satu folder.

2. Reminder Otomatis

Mengecek invoice satu persatu secara manual kemudian memastikan pelanggan telah membayar tagihan apa belum. Kedua hal tersebut merupakan masalah umum setelah invoice Anda kirimkan. Dua kesulitan tersebut bisa saja diantisipasi dengann menanyakan kepada pelanggan namun hal itu membuat bisnis Anda tampak tidak profesional di mata mereka.

Dengan adanya tagihan online, Anda tidak perlu bertanya kepada pelanggan mengenai kedua hal tersebut. Hal tersebut tentunya membuat bisnis Anda tampak lebih profesional dan terpercaya di mata pelanggan. Profesionalitas itu juga terlihat lantaran Anda tidak perlu mengingatkan lagi pelanggan lantaran invoice online biasanya telah terintegrasi dengan fitur pengingat yang otomatis terbuat.

3. Mudah untuk di Tracking

Ketika masih mencatatnya melalui nota kertas ataupun excel, apakah Anda bisa mengetahui jumlah yang didapatkan secara otomatis? Lebih lanjut, apakah Anda juga bisa melihat bisnis apakah yang mengirimkan jumlah tagihan terbanyak dan mengetahui pelanggan terloyal dalam setiap periodenya? jawabannya bisa namun hal itu pastinya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang lama lama.

Lantas, bagaimana dengan invoice online? karena sudah terintegrasi dengan fitur accounting dan pembukuan, penagihan secara daring pastinya akan lebih memudahkan pelaku usaha. Sebab, semuanya rekapan dan pencatatan sudah bisa dilihat secara instan, tanpa perlu melakukan penghitungan data. Sistem, secara otomatis, menghitung riwayat tersebut setiap periodenya.

Dengan seluruh rekapan tersebut, seorang pelaku usaha bisa melakukan analisis mengenai produk apa ataupun pelanggan mana yang suka melakukan transaksi dalam jumlah yang besar. Kemudian, Anda juga bisa mengetahui produk apa yang paling diminati oleh para pelanggan dalam setiap periodenya.

Baca Juga: Commercial Invoice, Dokumen Penting Untuk Kelancaran Ekspor & Impor

4. Pengiriman Invoice Berkala

Semakin besarnya bisnis yang Anda kelola akan berbanding lurus dengan semakin banyaknya pelanggan yang dimiliki. Lantas, bagaimana jika Anda mempunyai pelanggan yang loyal dan selalu membeli produk kepada Anda setiap bulannya? Anda pasti pusing harus mengirimkan tagihan manual secara terus menerus.

Dengan menggunakan invoice online, Anda tidak akan pernah lagi harus merasakan kesulitan tersebut. Tak perlu lagi yang namanya melakukan pengiriman setiap bulannya sebab ada fitur pengiriman invoice berkala atau yang disebut recurring. Sistem recurring membuat tagihan yang dibuat akan terkirim secara otomatis secara berulang sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Misalnya, jika Anda membuat sebuah invoice recurring untuk pelanggan dan terkirim setiap satu bulan sekali, sistem akan secara otomatis mengirimnya dalam jangka waktu itu. Mudah dan tidak merepotkan para pemilik usaha yang sudah kesulitan mengelola produknya sendiri.

5. Lebih Efisien dan Praktis

Invoice online dapat membantu kamu dalam membuat, mengirim ataupun melacak invoice secara praktis dalam satu online dashboard.

Selain itu, kamu juga bisa menerima konfirmasi pembayaran secara otomatis dan real time. Jadi, seluruh status invoice dapat dengan mudah dilihat melalui dashboard.

6. Histori Informasi Lengkap & Mudah Ditelusuri

Pernahkah kamu kesulitan saat menelusuri histori invoice yang sudah dikirimkan ke pelanggan?

Jawabannya tentu tidak jika kamu sudah menggunakan invoice online. Kamu dapat mengetahui secara cepat status transaksi invoice tersebut apakah sudah terkirim, dibayar, atau belum dilakukan penagihan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan fitur pengingat agar tidak lupa mengirim email penagihan kepada pelanggan sebelum tanggal jatuh tempo tiba.

Baca Juga: 7 Manfaat & Keuntungan Menggunakan Invoice Online Untuk Bisnis Kalian

7. Kegiatan Berbisnis yang Lebih Baik

Invoice online mendukung tindakan ramah lingkungan. Lah, kok bisa?

Tentu bisa, karena penagihan yang berbasis online dan minim kertas dapat mengurangi limbah padat yang secara tidak langsung membuat kamu berpartisipasi dalam kegiatan bisnis yang lebih ramah lingkungan.

Jika Anda ingin dipermudah dalam membuat invoice terhadap pelanggan, kenapa gak menggunakan Paper.id saja? Paper.id memberikan layanan GRATIS SELAMANYA sehingga memudahkan para pelaku bisnis mengembangkan usahanya. Mau gunakan sekarang? Yuk, daftar sekarang juga dengan klik tombol dibawah ini!