Keberagaman suku bangsa yang ada di Indonesia melahirkan berbagai macam perbedaan yang sangat indah seperti makanan khas daerah. Mulai dari Sabang hingga Merauke, ada berbagai macam makanan tradisional khas daerah masing-masing yang unik dan kelezatan yang berbeda-beda.

Para pengusaha bisa memanfaatkannya sebagai daya tarik untuk menjual kuliner khas daerah. Keunikan kuliner tradisional di Indonesia bisa menjadi elemen penting yang akan membuat siapa saja tertarik untuk membelinya.

Baca juga: Contoh proposal usaha makanan yang mudah dibuat

Bagaimana peluang bisnis makanan khas daerah di tahun 2020 ini? Para pengusaha bisa membangun usaha untuk makanan khas daerah di tahun 2020. Berikut 5 jenis makanan khas daerah yang berpeluang mendatangkan keuntungan untuk usaha di tahun 2020 ini.

Klepon

Menurut Arnold Poernomo, jajanan tradisional Indonesia akan populer di tahun 2020 seperti dilansir dari Suara. Salah satu jajanan tradisional yang diprediksi akan populer adalah klepon. Kue yang berisi gula merah ini memang praktis karena bisa dimakan dimana saja secara langsung.

Agar berbeda, kamu bisa membuat variasi kue klepon dengan memasukkan buah untuk pelengkap kue klepon. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan pasta coklat sebagai pengganti gula merah agar terlihat unik dan lebih modern.

Mie Aceh

Kuliner asli asal Aceh tersebut menghidangkan mi yang dibalut dengan kuah kari berempah. Hidangan ini cocok bagi mereka yang menyukai kuliner dengan rasa yang pedas berpadukan rasa rempah-rempah yang tebal.

Baca juga: 5 tips memulai usaha kuliner catering dengan modal kecil

Mie Aceh juga mirip dengan mie Samyang. Kuah yang kental dan rasa pedasnya memang sempat populer dan dijadikan sebagai sumber penghasilan untuk siapa saja. Karena itu, banyak orang tentunya menyukai makanan tersebut dan bisa menjadikan mie Aceh sebagai alternatif sebagai makanan yang disukai.

Kue Pukis

Kue pukis termasuk sebagai salah satu jajanan tradisional yang cukup populer dan mudah ditemukan di mana-mana. Banyak penjaja makanan tradisional kerap menjualnya di tempat-tempat yang ramai seperti sekolah dan kantor.

Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai kue yang dijual ke orang lain. Kue pukis mudah dibuat dan toppingnya bisa diganti-ganti sesuai dengan keinginan. Agar terlibat lebih modern, kamu bisa menggunakan topping yang sering dipakai seperti Nutella, Ovomaltine, dan topping lainnya.

Kue Putu

Pada umumnya, kue putu sering dijual lewat pedagang keliling. Mereka menjajakannya dengan sebuah gerobak dan alat masak dengan uap beserta tabung-tabung sebagai alat masaknya. Sang penjual akan memasukkan adonan kedalam tabung seraya menunggunya hingga matang.

Percaya atau tidak, kue putu bisa menjadi salah satu kuliner tradisional yang dimodifikasi dan rasanya bisa sangat enak. Karena itu, kamu bisa mengolahnya dengan cara lain dengan memberikan topping modern seperti topping coklat, selai buah, atau yang lainnya.

Lemper

Lemper merupakan salah satu jajanan tradisional yang sering kita jumpai di acara-acara besar, pasar tradisional, dan juga lainnya. Lemper bisa dibilang menjadi sebuah jajanan tradisional yang bisa dimodifikasi dengan mudah lewat rasa modern.

Untuk isian lemper, orang-orang bisa memodifikasinya dengan topping yang jarang digunakan seperti daging ayam, sosis, ikan tuna dan lainnya. Selain itu, gunakan kemasan yang modern sehingga, orang-orang akan lebih suka dan mencari-carinya.

Kesimpulan

Demikian 5 jenis makanan khas daerah yang diprediksi akan populer di tahun 2020 dan berpeluang mendatangkan keuntungan sebagai peluang bisnis. Jika kamu tertarik untuk memilihnya, kamu bisa memilih salah satu dan mengemasnya dengan gaya yang berbeda, seperti menggunakan topping yang sering dipakai pada saat ini.

Apalagi, kelima makanan tersebut bisa kamu jadikan ide bisnis yang menguntungkan. Tentunya, banyak orang menyukai makanan-makanan itu, karena makanan tradisional selalu menjadi contoh makanan yang sangat enak.

Jika kamu tertarik untuk berbisnis makanan khas daerah, jangan lupa untuk menggunakan Paper.id dalam setiap transaksimu. Pertama, kamu bisa bertransaksi lebih mudah dengan mitra bisnismu terutama supplier. Kamu bisa bayar supplier dengan metode apa saja, termasuk kartu kredit. Apalagi, kamu bisa transfer bank gratis ke mana saja. Tentunya, Paper.id sebagai platform pembayaran bisnis terbaik harus kamu gunakan. Daftar gratis sekarang dengan klik tombol di sini!