fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Cara Mengerjakan Laporan Arus Kas Metode Langsung dengan Mudah

Fery Andriawan | Agustus 28, 2018
Laporan Arus Kas Metode Langsung - Paper.id

Laporan Arus Kas Metode Langsung – Paper.id

Rate this post

Bagaimana cara memeriksa kesehatan sebuah perusahaan? pastinya, Anda harus mengetahui kredit arus kas mereka. Apakah ada kemacetan, tunggakan pembayaran semacamnya atau tidak. Biasanya, seluruh catatan tersebut disusun secara rapih dalam sebuah jurnal yang dikenal sebagai laporan arus kas (cash flow statement). Laporan itu sendiri dikerjakan setiap periode, tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri.

Dalam laporan arus kas, Anda tidak perlu lagi memasukkan hitungan tentang laba rugi. Di sini, Anda hanya wajib mengkalkulasikan tentang dua hal yaitu jumlah kas yang masuk dan juga jumlah kas yang keluar. Bentuk dari kas sendiri itu bermacam-macam, seperti investasi tunai, pembayaran gaji pegawai, hutang dsb.

Lantas, bagaimana cara pengerjaannya? laporan arus kas tidak akan dapat Anda selesaikan apabila belum mengetahui tentang hasil dari neraca keuangan serta laba rugi dari perusahaan itu sendiri. Oleh karena itu, jika Anda sedang mengerjakan laporan, mulai dulu dari awal sehingga tidak akan terjadi kesulitan di tahap-tahap selanjutnya.

Metode dalam pembuatan laporan ini dapat dilakukan dengan dua cara, yakni menggunakan laporan arus kas metode langsung dan laporan arus kas metode tidak langsung. Apa perbedaan dari keduanya dan mana yang paling efektif dan efisien untuk digunakan?

Laporan Arus Kas Metode Langsung

Metode Arus Langsung- Akuntansionline.id

Metode Arus Langsung- Akuntansionline.id

Sejatinya, menggunakan laporan arus kas metode langsung tidaklah sulit. Karena, Anda hanya harus menyusun laporan tersebut berdasarkan pada buku kas atau bank. Pencatatan yang dilakukan juga cukup mudah karena sudah dibagi ke dalam tiga aktivitas utama yakni Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan.

Penggunaan laporan arus kas metode langsung lebih mudah dimengerti lantaran data yang tertera sudah dikelompokan sesuai dengan kebutuhannya (Aktivitas Operasi, Aktivitas Investasi dan Aktivitas Pendanaan). Namun, ada juga kerugian dari metode ini karena membutuhkan waktu yang relatif lebih lama karena harus melakukan pengumpulan data terlebih dahulu.

Manfaat dari Pembuatan Laporan Arus Kas Metode Langsung

Sebuah studi mengatakan jika sekitar 82% bisnis gagal lantaran sebagian besar para pelaku usaha tidak mengerti cara mengatur arus kas mereka. Banyak sekali pengeluaran-pengeluaran tidak terdeteksi sehingga uang kas mereka semakin membengkak. Karena tidak ada pemasukkan dari penjualan, bisnis tersebut terpaksa harus gulung tikar. Sebagai antisipasi dari kebangkrutan tersebut, pembuatan laporan arus kas metode langsung ini perlu dilakukan.

Dengan dibuatnya arus kas ini, Anda -sebagai pelaku usaha- dapat menentukan rencana perusahaan Anda untuk ke depannya. Jika arus kas tersebut sehat, Anda berarti bisa melakukan eskpansi bisnis ke lahan yang lebih besar. Sebaliknya, jika arus kas tengah dalam keadaan ‘seret’, Anda harus memutuskan bagaimana cara untuk menstabilkan kembali keuangan perusahaan Anda.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *