Kita mengenal banyak jenis kwitansi, salah satunya yang sering digunakan adalah kwitansi pembelian. Kwitansi ini sering kita temui saat melakukan transaksi jual beli. Sejatinya, kwitansi telah kita gunakan sejak zaman dahulu kala, tepatnya sekitar tahun 3200 SM.

Kwitansi bertindak sebagai bukti pembayaran dengan info yang tertera di kertas tersebut. Selanjutnya, info tersebut berguna untuk pembeli dan penjual sebagai bukti pembayaran yang akan disimpan untuk pelacakan jejak transaksi.

Kwitansi pembelian sering digunakan dan penting bagi kita untuk tahu mengenai pengertian serta hal-hal yang berhubungan dengannya. Berikut ini hal-hal yang harus kamu ketahui tentang kwitansi tersebut.

Baca juga: Contoh laporan keuangan perusahaan jasa yang akurat 

Pengertian kwitansi pembelian dan ciri-cirinya

Defisini kwitansi pembelian adalah barang bukti keuangan yang berfungsi sebagai dokumen transaksi jual beli. Nantinya, dokumen ini akan digunakan sebagai bukti keuangan yang akan dipertanggung jawabkan dalam pembukuan keuangan.

Untuk itu, kwitansi wajib kita simpan mengingat, hal ini akan membantu kita dalam membuat laporan keuangan mengenai transaksi penjualan dan pembelian yang terjadi dalam suatu periode waktu tertentu.

Mengingat bukti keuangan ada banyak, orang-orang seringkali masih kesulitan dalam membedakan kwitansi dengan jenis bukti keuangan lainnya seperti invoice, bon, dan lainnya. Padahal, kwitansi mudah dikenali.

Kwitansi terdiri dari 3 rangkap, rangkap pertama diberikan kepada konsumen. Rangkap yang kedua akan ditandatangani oleh konsumen dan disimpan oleh penjual. Selanjutnya, rangkap kedua tersebut akan digunakan sebagai lampiran penagihan di hari lain. Terakhir, ada rangkap ketiga yang akan disimpan dalam buku invoice atau faktur.

Selain itu, kwitansi juga terdiri dari 3 bagian yakni, bagian sub kwitansi (bonggol kwitansi) pada bagian sebelah kiri yang berfungsi sebagai bukti pegangan penerima uang. Terakhir, kwitansi pembelian memiliki beberapa ciri-ciri yang terdapat pada bagian kwitansi tersebut yakni, Nomor kwitansi, identitas penerima, identitas pemberi kwitansi, jumlah uang, dan materia jika diperlukan.

Perbedaan invoice dan kwitansi pembelian

Invoide dan kwitansi memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda. Jika kwitansi digunakan setelah transaksi usai maka, invoice merupakan bukti pembayaran yang berisi tagihan akan sejumlah uang yang harus dibayar oleh konsumen setelah membeli sebuah barang atau menggunakan jasa.

Pada invoice, tidak terdapat jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Invoice hanya berisi rincian barang barang, biaya lain-lain, nama penerima invoice dan lain-lain. Sedangkan kwitansi memiliki jumlah tagihan yang harus dibayarkan.

Terakhir, perbedaan invoice dan kwitansi terletak pada pemberi bukti transaksi itu. Invice dikeluarkan oleh pihak penjual sedangkan kwitansi tidak diberikan oleh pihak yang spesifik karena, kwitansi hanya akan dikeluarkan sebagai bukti transaksi keuangan yang terjadi antara 2 orang.

Baca juga: Perang kue bisnis stiker di iklan di mobil, siapa yang menguntungkan?

Perkembangan kwitansi dalam dunia digital

Teknologi yang semakin pesat mendorong munculnya kwitansi digital yang dimanfaatkan oleh banyak orang. Penemuan ini dimanfaatkan oleh banyak pihak terutama bagi orang-orang yang sering menggunakan bukti transaksi tersebut.

Kehadiran kwitansi digital sangat membantu banyak orang terutama dalam memudahkan transaksi jual beli yang bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Biasanya, hal ini dimanfaatkan oleh para penjual untuk memberikan kemudahan dalam transaksi bagi konsumen mereka.

Hal ini juga hadir dalam software Paper.id. Paper.id adalah software akuntansi gratis yang memiliki beragam fitur yang bisa kamu rasakan seperti Invoice, laporan keuangan, kwitansi, stok barang, dan masih banyak fitur lainnya.

Dengan software dari Paper.id, kamu bisa merasakan kemudahan dalam bertransaksi dengan membuat kwitansi dimanapun dan kapanpun. Semuanya terasa praktis dan mudah hanya dalam genggaman tanganmu. Buat semuanya menjadi lebih mudah dengan klik link dibawah ini!

google_play_customer_io
Daniel Nugraha