Dalam beberapa tahun terakhir, Whatsapp menjelma sebagai salah satu pengirim pesan singkat paling banyak digunakan di seluruh dunia. Tercatat, per 2018, pengguna aktif layanan tersebut dalam satu harinya mencapai 1,5 miliar yang mana melakukan hingga 60 miliar pertukaran pesan sepanjang waktu. Kepopuleran Whatsapp bahkan mampu menandingi Line, BBM dan aplikasi pesan singkat berbasis daring lainnya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tingginya pengguna harian layanan tersebut salah satunya adalah keberadaan Whatsapp for Business yang diciptakan beberapa waktu lalu. Memang, semenjak diambil alih oleh Facebook, perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat ini lebih banyak mengeluarkan inovasi tersebut. Whatsapp for Business menjadi salah satu yang menguntungkan para pengusaha, termasuk yang ada di Indonesia.

Berbagai fitur juga telah dikeluarkan oleh Whatsapp untuk membuat penggunaan layanan pesan singkat tersebut menjadi lebih mudah, salah satunya adalah kirim pesan whatsapp otomatis. Fitur click to chat ini merupakan layanan wajib yang harus diketahui para pebisnis terutama mereka yang mengandalkan sosial media sebagai core atau kekuatan bisnisnya. Lantas, apa itu kirim pesan whatsapp otomatis?

Kirim Pesan Whatsapp Otomatis

pesan otomatis

pesan otomatis

Jika Anda merupakan seorang pebisnis yang menggunakan media sosial, pasti Anda familiar dengan instagram dan sosial media lainnya, bukan? Ketika pelanggan ingin membeli produk Anda, follow up yang dilakukan adalah berhubungan melalui pesan singkat. Whatsapp menjadi salah satu yang paling banyak digunakan karena lebih mudah dan cepat, berbeda dibandingkan pesan singkat daring lainnya.

Fitur kirim pesan whatsapp otomatis (click to chat) bisa digunakan untuk mempermudah hal tersebut. Jadi, Anda tidak harus mengetahui nomor penjual, hanya tinggal memasang link di media sosial, pelanggan bisa langsung diarahkan ke dalam nomor whatsapp Anda secara otomatis.

Jika click to chat dapat dilakukan secara maksimal, trafik penjualan juga pasti akan meningkat. Sebab, fungsi dari fitur ini adalah untuk melakukan follow up pelanggan secara lebih cepat. Bahkan, Anda sebagai penjual juga bisa mengarahkan para pelanggan untuk langsung membeli barang tanpa bertanya terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara optimasi fitur ini?

Langkah Membuat

whatsapp bisnis

whatsapp bisnis

Ada beberapa langkah untuk mengoptimasi fitur click to chat ini:

1. Buat Link Aktif

Fitur click to chat yang ada di Whatsapp dapat dimasukkan dimana saja yang penting Anda membuat link aktif terlebih dahulu. Anda bisa menyalin link aktif di bawah ini dengan beberapa catatan penting:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285812243902&text=Halo%20Admin%20Saya%20Tertarik%20Order%20Barang%20Anda.

Deretan angka tersebut bisa diganti sesuai dengan nomor bisnis Anda sendiri. Kemudian, Anda juga bisa mengubah tulisan “Halo Admin, saya tertarik order barang Anda” sesuai keinginan. Asalkan, Anda tidak menghapus “%20” karena itu merupakan pemisah atau spasi dalam setiap kata.

2. CTA ke Blog Atau Website

Link aktif yang tertera pada penjelasan di atas bisa Anda tempelkan atau taruh di dalam media sosial. Dengan itu, pelanggan bisa akan menghubungi Anda secara langsung tanpa harus mengetahui nomor Anda. Lebih lanjut, mereka juga tidak harus menuliskan apapun lantaran Anda sudah membuatkan pesan itu secara otomatis.

Jika Anda juga ingin membuat fitur click to chat tersebut aktif di blog atau website bisnis Anda, silahkan salin rumus di bawah ini. Dengan catatan, ubah kembali nomor telepon serta pesan yang ingin Anda tampilkan ke pelanggan.

<center>
  <a href=https://api.whatsapp.com/send?phone=628141234567&text=Halo%20saya%20mau%20pesan%20barang%20warna%20biru%20gan>
      Hubungi Kami
  </a>
</c>

3. Otomatis Chat Order

Selain dalam bentuk pernyataan atau pertanyaan, click to order juga bisa dibuat langsung otomatis dalam metode pemesanan. Jadi, pelanggan Anda bisa langsung menuliskan jumlah orderan mereka. Agar lebih mudahnya, silahkan masukan link lengkapnya di bawah ini.

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281259929797&text=Nama%20%3A%0AAlamat%20%3A%0AUsia%20%3A%0AJenis%20kelamin%20%3A

Beberapa catatan yang harus Anda ketahui:

  • %3A: Memberikan efek titik dua.
  • %20: Memberikan efek spasi dari setiap kata.
  • %0A: Memberikan efek enter atau membuat baris baru.

Kombinasi dengan QR Code

QR Code - Paper.id

QR Code – Paper.id

Fitur click to chat yang dikeluarkan oleh Whatsapp ini sangat bagus digunakan untuk Anda para pebisnis yang mengandalkan sosial media dan website. Apabila pelanggan melihat produk Anda melalui instagram, fitur ini akan membuat mereka bisa langsung mengontak Anda walaupun tidak tahu nomor Anda. Dengan satu klik, pelanggan langsung bisa membeli barang Anda.

Fitur ini akan membuat bisnis Anda tampak menjadi lebih profesional. Sebelumnya, Paper.id juga telah menjelaskan mengenai cara pembuatan QR Code. Kombinasi keduanya bisa membuat bisnis Anda akan menjadi lebih mudah. Siapa yang tidak ingin semua pengelolaan bisnisnya dimudahkan sehingga tidak membuang banyak waktu?

Baca Juga: 4 Langkah Mudah Buat QR Code Gratis di Google Sheets Untuk UMKM