fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Perbedaan Purchase Order dan Invoice Penjualan Paper Paling Mencolok

Mirrza A. Akbar | August 24, 2018
Invoice Penjualan Paper

Rate this post

Sebagai perintis bisnis baru, apakah Anda sudah paham istilah yang berkaitan dengan penjualan barang? Apa itu invoice penjualan? Apa itu purchase orderPurchase order dan invoice penjualan adalah dua istilah dalam transaksi yang kadang membingungkan. Karena mungkin kedua istilah ini terlihat mirip sama.

Anda mungkin sering menggunakan kedua istilah tersebut. Tentunya, ketika Anda berkaitan dengan perdagangan barang atau jasa. Tapi, kemunculan mereka berbeda dalam sebuah urusan bisnis. Meskipun istilah tersebut sangat mirip, Anda harus mengetahui beberapa perbedaan diantara keduanya.

Purchase Order (PO)

 

Invoice Penjualan Paper

Purchase order adalah sebuah dokumen yang berisi informasi jenis, jumlah produk dan layanan yang dijual. Dokumen perjanjian pembelian ini merincikan item yang klien beli dengan harga tertentu. Ketentuan pembayaran, pengiriman, serta syarat dan ketentuan yang berkaitan juga termasuk di dalamnya.

Pelanggan kadang mengeluarkan standing purchase order atau sering juga disebut blanket purchase order. Istilah ini berarti perjanjian yang disusun antara vendor dengan pelanggan untuk langganan pembelian produk. Ini memungkinkan pelanggan untuk memesan produk yang sama beberapa kali. Dengan menggunakan nomor PO yang sama selama periode pembelian tertentu.

Tujuan dan Pentingnya Purchase Order

Purchase order sering digunakan ketika pelanggan ingin membeli persediaan atau inventaris. Hal ini penting karena Anda dan tim memiliki visibilitas instant mengenai stok yang masuk. Berapa banyak stok yang akan datang dan kapan waktunya datang. Sistem purchase order yang dikelola dengan baik akan memberitahu Anda apa yang telah dipesan, dikirimkan dan diterima.

Namun tidak ada biaya tagihan dan lain-lain. Selain itu, membuat PO di sistem akan mencegah kelebihan pemesanan. Anda dapat mencocokkan barang yang dikirim dengan yang dipesan. Sehingga mencegah pengiriman yang salah. Supplier menggunakan PO untuk memenuhi pesanan dan pemrosesan pembayaran pelanggan.

Software Invoice Paper.id akan mempermudah urusan seperti ini. Karena pengiriman pesanan pembelian ke vendor dilakukan secara online. Setelah itu, Anda akan menerima invoice penjualan Paper dari vendor langsung ke email Anda. Pembayaran juga dapat secara langsung dilakukan dengan metode pembayaran online pula!

Invoice Penjualan

 

Invoice Penjualan Paper

Invoice penjualan adalah dokumen yang dikeluarkan dari penjual kepada pembeli. Di dalam invoice penjualan, terdapat barang yang dibeli, harga, waktu pengiriman, ketentuan pengiriman dan pembayaran. Dokumen ini juga biasa disebut sebagai “bill” atau “statement.” Istilah invoice penjualan memiliki indikasi tentang biaya yang pembeli harus bayar (hutang) kepada penjual.

Pentingnya Invoice Penjualan

Invoice penjualan menjadi cara yang sangat baik dalam tracking pembayaran. Jenis invoice yang memberikan Anda rincian penjualan produk untuk manajemen inventaris. Tidak hanya itu, invoice ini untuk menghitung jumlah keuntungan yang Anda buat.

Jika invoice dimanfaatkan secara baik, maka akan berfungsi sebagai dokumentasi semua transaksi bisnis Anda. Laporan invoice membantu Anda menunjukan pesanan mana yang sudah selesai dan dibayar. Selain itu, melalui Invoice pembelian dan invoice penjualan, Anda  memungkinkan untuk mengontrol keuangan bisnis Anda.

Oleh karena itu, software invoice sudah bermunculan. Seperti Paper.id, manajemen invoice yang dapat Anda gunakan untuk beberapa tugas invoice. Mulai dari pembuatan invoice pembelian atau invoice penjualan Paper.id. Hingga penjadwalan pengiriman kepada pelanggan dengan mudah.

Perbedaan yang Mencolok antara Purchase Order dan Invoice Penjualan Paper

  • Purchase order dikeluarkan oleh pembeli untuk penjual. Sedangkan invoice penjualan dikeluarkan oleh penjual untuk pembeli.
  • Purchase order digunakan untuk memesan barang atau layanan dari pemasok. Sedangkan invoice penjualan menunjukan pembayaran mana yang harus dibayar dari barang yang dijual.
  • Purchase order dibuat sebelum invoice. Sedangkan invoice penjualan dibuat setelah purchase order.
  • Purchase order merupakan kontrak penjualan. Sedangkan invoice penjualan merupakan konfirmasi penjualan.

Sekarang bisa Anda bedakan? Untuk Anda yang tidak mau urusan purchase order dan invoice penjualan keteteran? Paper.id siap menyelesaikan kedua kebutuhan Anda ini. Bagaimana sistem kerja Paper.id khusus untuk bagian ini? Jadi, klien maupun vendor dapat sama-sama menggunakan layanan Paper.id

Sebagai klien, Anda bisa memakai layanan untuk membuat purchase order. Sebagai vendor, Anda bisa memanfaatkan layanan untuk membuat invoice penjualan Paper.id. Karena layanan kami akan mengubah purchase order menjadi invoice penjualan sesuai yang Anda butuhkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *