Contoh surat tagihan invoice ada banyak dan bermacam-macam. Biasanya, hal ini dibedakan dari segi desain yang disesuaikan dengan keinginan masing-masing. Namun, fungsinya tetap tidak berubah yakni sebagai bukti pembayaran yang dibutuhkan dalam sebuah transaksi.

Secara umum, setiap perusahaan membutuhkan invoice atau faktur. Baik perusahaan manufaktur maupun jasa, semuanya membutuhkan faktur yang akan diberikan kepada pembeli. Meski sering digunakan, faktur tidak selalu dipakai karena, pembeli bisa saja hanya mendapatkan kwitansi jika mereka yang meminta.

Pembuatannya juga berdasarkan protes dan pengisiannya berbeda-beda. Seiring berkembangnya zaman, invoice juga turut berkembang dengan tampilan yang berbeda-beda. Hal ini juga menarik minat orang-orang untuk mencari invoice yang unik dan sesuai dengan karakter perusahaan atau tempat mereka bekerja.

Pentingnya invoice dalam transaksi jual beli juga menjadi tolok ukur akan profesionalitas sebuah perusahaan. Untuk itu, setiap perusahaan perlu tahu soal cara membuatnya dan contoh faktur tagihan yang tepat.

Hal-hal yang harus diperhatikan mengenai contoh surat tagihan invoice

Sebelum membuat invoice tagihan, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal yang penting untuk diperhatikan. Dalam pengisian faktur, kita membutuhkan data yang akurat sesuai dengan transaksi yang dilakukan. Karena itu, hal ini bersifat penting karena saling berkaitan dan invoice menjadi elemen terakhir yang akan disertakan sebagai bukti bahwa transaksi yang dilakukan memang benar terjadi.

Selain itu, buatlah kesepakatan antara kamu dengan pembeli/penjual terkait cara pembayarannya dengan mencicil atau tunai. Hal ini juga berpengaruh terhadap pengisian faktur penagihan sehingga, kamu bisa memberikan data yang rinci dan akurat.

Terakhir, pastikan semua data teriisi dengan benar. Kesalahan sedikit saja bisa merugikan perusahaan terutama dalam soal pengisian harga akan barang yang terjual atau diterima karena, hal ini berkaitan dengan laporan arus kas perusahaan.

Baca juga: Contoh surat tawaran barang (dan cara meyakinkan pemilik usaha)

Contoh surat tagihan invoice dan elemen-elemen didalamnya

Digital Payment Single Invoice
Digital Payment Single Invoice

Dalam invoice, ada beberapa elemen yang harus kamu ketahui. Elemen-elemen tersebut perlu dipahami agar kamu bisa mengisi data transaksi dengan benar. Berikut elemen-elemen faktur penagihan yang harus kamu ketahui.

  • Nomor Invoice
    Pertama, kamu harus tahu tentang nomor invoice. Biasanya, pengisiannya berupa nomor urut dari transaksi PO atau pre order yang telah dilakukan.
  • Tanggal
    Meski terlihat kecil, kolom tanggal dalam invoice tetap harus diisi untuk menandai kapan terjadinya transaksi. Selain itu, tanggal yang ada juga bisa menjadi tolok ukur akan kapan waktu jatuh tempo dari pembayaran transaksi yang dilakukan.
  • Informasi pembayaran
    Pada info pembayaran, kamu perlu mencantumkan informasi selengkapnya dengan memberikan info tentang nomor rekening, nama terang, nama perusahaan yang dituju, serta hal lainnya yang berkaitan.
  • Info yang lengkap
    Dalam invoice, ada bebereapa elemen yang tercantum seperti, nomor rekening, nama terang, nama penerima, nama perusahaan dan hal lainnya. Karena itu, kamu perlu mengisi kolom ini dengan sebenar-benarnya.
  • Bukti keabsahan
    Untuk menyatakan kalau invoice yang ada benar-benar sah, materai biasanya dibutuhkan untuk mengabsahkan pembayaran tersebut. Selain itu, tanda tangan juga dibutuhkan untuk menyatakan kalau hal itu benar-benar sah

Baca juga: Aplikasi invoice penjualan dan keuntungannya

Dengan mengetahui beberapa poin penting tentang contoh surat tagihan invoice diatas, kamu tentunya sudah tahu akan hal yang harus dilakukan. Penting untuk melakukan pengisian faktur penagihan secara benar agar memudahkan transaksi pembelian serta transaksi dapat berjalan dengan lancar. Paper.id menghadirkan software invoice gratis terbaik dengan beragam fungsi seperti pembuatan laporan keuangan, pencatatan barang, dan fungsi lainnya. Kunjungi tautan dibawah ini untuk merasakan kemudahan dalam pembuatan invoice.

google_play_customer_io
Daniel Nugraha