Cara Mudah Mendapat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Alwin | November 9, 2017

Cara Mudah Mendapat Pinjaman Modal Usaha Tanpa Jaminan

Modal sering kali menjadi kendala saat ingin membangun atau memperbesar usaha anda? Namun dengan segala kemudahan yang ada saat ini, meminjam modal usaha tidak sesulit dulu. Pinjam kepada rekan atau anggota keluarga atau bisa juga kepada pemerintah. Karena pemerintah mempunyai sebuah program GKN (Gerakan Kewirausahaan Nasional) dengan tujuan untuk meningkatkan kewirausahaan yang ada di Indonesia.

Namun kali ini kami akan menjelaskan cara mendapatkan modal kerja untuk UMKM dari program yang disediakan oleh pemerintah. Berikut adalah cara yang kami sarankan untuk Anda :

1. Buatlah Proposal Bisnis Anda

Sebelum mengajukan pinjaman kepada pemerintah, yang perlu anda lakukan pertama kali adalah membuat proposal konsep bisnis anda. Namun ada baiknya proposal bisnis anda memiliki tampilan yang menarik dan sesuai dengan tema konsep proposal anda., sehingga pemerintah akan tertarik untuk mempelajari konsep bisnis anda.
Tidak tau cara membuat proposal, berikut kami lampirkan contoh kerangka proposal bisnis untuk anda :

a. Pendahuluan

Pada bagian ini menjelaskan mengenai latar belakang bisnis anda, visi misi, dan tujuan. Uraikan secara singkat, jelas dan yang terpenting sesuai dengan kenyataannya.

b. Profil Perusahaan

Menjelaskan mengenai jenis usaha, nama perusahaan, serta lokasi anda.

c. Struktur Organisasi Perusahaan

Berisi tentang struktur organisasi perusahaan anda, lebih baik lagi jika ditambahkan peran dan tugas masing-masing setiap jabatan.

d. Produk Perusahaan

Menjelaskan mengenai jenis produk usaha, proses pembuatan, serta keunggulan produk anda dibandingkan produk sejenis lainnya. Anda bisa menjelaskan secara detail dan menarik hingga tidak suatu yang janggal yang perlu ditanyakan.

e. Target Pasar

Pada bagian ini, anda menjelaskan mengenai segmentasi dan target pasar anda.

f. Promosi dan Pemasaran

Berisi mengenai bagaimana cara anda mempromosikan produk anda kepada masyarakat, melalui penjualan tradisional atau melalui internet? Semua anda jelaskan secara detail.

g. Laporan Keuangan

Menjelaskan alokasi dana serta perhitungan laba bisnis anda. Hitung kebutuhan modal anda secara rinci dan sesuai dengan apa yang anda butuhkan.

h. Penutup

Tulislah kalimat penutup yang baik, serta dapat meyakinkan pemerintah untuk memberikan modal kepada anda. Serta jangan lupa ucapkan terima kasih karena telah membaca proposal anda.

i. Lampiran

Lampirkan biodata struktur organisasi, Dokumen dokumen penting, photo produk, photo tempat usaha anda, dan dokumen pendukung lainnya.

2. Buka Situs Pemerintah

Setelah anda membuat konsep proposal yang matang beserta desain yang sesuai dengan tema anda. Maka langkah selanjutnya adalah membuka situs pemerintah yang terkait dengan program kredit modal kerja. Misalnya situs kemenpering.go.id

3. Datangi Instansi Terkait

Jika anda ingin mendapatkan modal untuk usaha anda dari pemerintah, maka sebaiknya anda langsung mendatangi instansi pemerintah. Instansi pemerintah pemerintah yang dimaksud yaitu perindustrian dan perdaganan ataupun dinas kementerian koperasi dan UKM untuk menanyakan langsung apakah ada modal usaha yang sesuai dengan bisnis yang anda ajukan

Itulah 3 langkah untuk mendapatkan bantuan tanpa modal dari pemerintah. Jika anda ingin memulai usaha atau memperbesar usaha, maka taka ada salahnya anda melakukan hal ini untuk mendapatkan bantuan tanpa modal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *