fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

5 Cara Mengatur Keuangan Untuk Pemilik Bisnis

Mirrza A. Akbar | July 25, 2018
Cara mengatur keuangan - Paper.id

Cara mengatur keuangan – Paper.id

Rate this post

Apa yang ada dalam benak Anda ketika mendengar kata cara mengatur keuangan? Tugas finansial yang beragam? Administrasi? Pengelolaan transaksi? Ternyata, semua bisa dikerjakan di satu platform software invoice Paper.id.

Ketika membangun suatu model bisnis yang sukses, strategi bisnis sama pentingnya dengan proses yang ditanamkan untuk manajemen keuangan. Jika Anda berpikir cara mengatur keuangan itu sulit, memang benar. Bahkan ketika Anda sedang mempraktekannya.

Mengingat hal itu, kami memiliki lima kiat pengelolaan uang agar bisnis Anda lebih menguntungkan.

Mengelola Pinjaman

Biasanya, bisnis yang baru dirintis memerlukan modal uang. Lalu, Anda memilih jalur kredit atau meminjam uang kepada bank. Tapi, tidak sedikit yang mengalami arus kas negatif. Mungkin inilah penyebab mengapa bisnis baru memutuskan gulung tikar.

Meskipun pebisnis memiliki akses mudah, pinjaman seperti itu mungkin membebani bisnis lebih dari yang Anda sadari. Apa solusinya?

Kalau sudah terlanjur, kelola arus kas Anda secara proaktif. Dengan cara proses penagihan dan sistem pembayaran yang mempercepat piutang. Di software invoice Paper.id, tersedia fitur reminder yang mana akan memudahkan menyelesaikan tagihan klien. Sehingga, akan tercipta arus kas yang konsisten.

Mengatur Ekspektasi Pembayaran Kepada Klien

Mengatur Ekspektasi Pembayaran Kepada Klien - Paper.id

Miskomunikasi pun bisa terjadi dalam proses pembayaran. Sebaiknya, Anda dengan gamblang mengkomunikasikan harapan Anda untuk kebijakan penagihan. Ini akan membantu Anda untuk menetapkan pergerakan keuangan. Seperti, hutang dan piutang bisnis Anda.

Berikan juga dokumentasi tertulis pada klien Anda. Yang mana isinya adalah hal-hal seperti penjelasan kapan dan bagaimana invoice diterbitkan. Kapan pembayaran jatuh tempo. Bentuk dan metode pembayaran apa yang diterima perusahaan. Semua ketentuan yang Anda berikan ke klien seharusnya bisa terselesaikan dengan mudah. Yaitu, melalui pemanfaatan software invoice.

Anda juga harus memberi tahu informasi tambahan secara eksplisit. Contohnya, perpanjangan diskon pembayaran awal dan beban biaya keterlambatan.

Cara Mengatur Keuangan Membuat Biaya Invoice Efektif

Masih menggunakan invoice kertas? Anda ketinggalan zaman sekali. Berhenti sekarang juga. Atau, ada banyak pengeluaran yang akan membebani Anda. Biaya kertas, perangko, percetakaan, serta waktu Anda akan terbuang banyak.

Jadi pilihlah invoice elektronik yang bisa dikirimkan melalui email klien. Anda bisa mempercayakan software invoice Paper.id sebagai solusi biaya invoice efektif. Dengan invoice sederhana dan simpel, informasi yang ditangkap oleh klien akan semakin efisien.

Selain itu, Anda juga bisa mengetahui “kehidupan” setelah invoice Anda terkirim ke klien. Karena setiap waktu penagihan klien, Anda bisa melacak apakah klien Anda menerima dan membuka email.

Memanfaatkan paperless invoice juga memungkinkan penundaan waktu pembayaran. Klien dapat langsung membayar dengan credit card atau mobile banking. Tidak akan lagi menerima cek kertas, menyetor di bank, dan menunggu transaksi selesai.

Menganalisis Investasi Waktu dan Biaya

Menganalisis Investasi Waktu dan Biaya - Paper.id

Poin ini menitikberatkan pada investasi waktu yang akan menghadirkan biaya dan nilai. Apa yang dimaksud investasi waktu? Disini, Anda memilih pihak ketiga untuk Anda menyelesaikan tugas. Sehingga waktu Anda tidak habis secara sia-sia. Tugas yang terkait dengan invoice, pembukuan, laporan penjualan, inventaris, fasilitas, dan pemasaran.

Lalu, Anda memutuskan melakukan outsourcing tugas kepada pihak ketiga. Pastikan pekerjaan tersebut sesuai dengan sumber daya untuk memastikan pengembalian  investasi maksimum.

Sebagai contoh, Anda menggunakan software invoice Paper.id secara gratis sebagai penyelesaian tugas terkait dengan invoice. Anda akan mendapatkan double advantages. Layanan pembuatan invoice yang cepat namun profesional dan tanpa biaya yang berarti. Sehingga, Anda benar-benar bisa investasi waktu dan biaya.

Jangan Lupakan Pajak

Pajak menjadi hal baru yang memiliki makna ketika Anda berbisnis. Penyederhanaan proses perhitungan mengenai hutang Anda terhadap negara sangat perlu. Buatlah akun bank yang dikhususkan untuk kewajiban pajak.

Anda bisa memilih opsi menyisihkan uang setiap minggu untuk dibayarkan setiap waktu pembayaran pajak. Ini bisa membuat proses sedikit lebih ringan. Karena Anda memiliki cukup uang untuk memenuhi pembayaran pajak tepat waktu. Selain itu, Anda bisa melihat berapa banyak uang tunai cair di akun perusahaan. Lalu, tinggal dikurangi pajak yang harus Anda bayar.

Seperti yang disebutkan di atas, Paper.id menjadi salah satu third party yang bisa membantu Anda. Paper.id adalah platform yang cocok jika Anda ingin investasi waktu dan uang perusahaan. Pilihlah software invoice Paper.id sebagai pilihan jasa yang menghubungkan Anda dengan klien. Lengkap dengan reminder (pengingat tagihan) dan bisa langsung dikirimkan ke klien lewat ponsel. Lalu, tiba-tiba rekening perusahaan Anda akan terisi pembayaran dari klien!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *