fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

5 Cara Membuat Bisnis yang Sukses Namun Tak Diketahui Pemula

Fery Andriawan | Agustus 21, 2018
cara membuat bisnis yang sukses - Paper.id

cara membuat bisnis yang sukses – Paper.id

Rate this post

Membangun sebuah dinasti bisnis tidak dapat dilakukan dalam waktu satu malam. Dibutuhkan kerja keras, keinginan dan tekad kuat apabila ingin mencapai sesuatu yang besar. Namun, tidak banyak orang yang mampu berada di level tersebut. Sebab, banyak dari mereka yang menyerah padahal baru saja memulai langkah menjadi wirausahawan.

Mengutip dari perkataan Jack Ma, “jika Anda tidak mencoba, bagaimana Anda bisa tau kalo memiliki kesempatan untuk sukses,” sebagai pemula dalam menjalankan usaha, Anda harus mau berkorban segalanya, baik itu waktu, ilmu hingga kehidupan. Apabila Anda merupakan seseorang yang tidak bisa melakukan beberapa hal bersamaan, fokus kepada satu tujuan yang pasti. Akan tetapi, kenapa masih banyak para pebisnis pemula yang gagal?

Untuk mengatasi masalah umum yang selalu menimpa para pengusaha pemula tersebut, Paper.id telah merangkum 5 cara membuat bisnis yang sukses seperti di bawah ini. Semuanya sangatlah sederhana tetapi Anda yang tidak menyadarinya.

Fokus Terhadap Satu Bisnis

Sebagai seorang pemula yang baru saja mencoba untuk terjun ke dunia bisnis, ada baiknya untuk tetap fokus terhadap tujuan Anda, yakni membesarkan satu usaha. Terkadang, banyak sekali para pengusaha pemula yang ‘latah’ mencoba hal lain padahal bisnisnya sendiri belum berkembang.

Kesimpulannya, cara membuat bisnis yang sukses pertama adalah dengan fokus terhadap bisnis awal. Dari pada membuat bisnis baru yang memusingkan diri sendiri, mengapa tidak melakukan inovasi terhadap bisnis yang Anda telah bangun. Hal tersebut tentunya akan sangat bagus sebagai branding bisnis Anda di masa depan.

Jual Apa yang Anda Pahami

Jika Anda paham mengenai otomotif, buatlah bisnis mengenai bidang tersebut. Jangan melebar ke ranah lain yang mana Anda tidak ketahui sama sekali. Kenapa? karena bisnis itu berasal dari hati dan jiwa. Semakin Anda menyukai sesuatu, semakin besar hasrat untuk mengembangkan hal tersebut. Sebaliknya, jika Anda menjual hal yang tidak dimengerti, bagaimana Anda bisa sukses di sana?

Kedua, Pasti Bisa!

Jarang sekali ada pengusaha yang berhasil di percobaan pertamanya dalam membuat bisnis. Bahkan, seorang Bob Sadino pun merasakan hal serupa. Dulu, ia sempat membuka usaha rental mobil namun gagal karena kendaraanya tersebut mengalami kecelakaan. Pria yang suka menggunakan celana pendek tersebut akhirnya berhasil membuat kerajaan bisnis di percobaan keduanya, yakni dengan berjualan kebutuhan sehari-hari.

Intinya, cara membuat bisnis yang sukses selanjutnya adalah tidak mudah putus asa dalam berwirausaha. Pantang menyerah  dan mencoba terus menerus merupakan kunci untuk meraih keberhasilan di masa depan. Siapa sih yang gak mau duduk santai di rumah namun tetap memiliki penghasilan yang melimpah?

Jangan Kasihani Dirimu!

Untuk membuat usaha Anda menjadi semakin besar, investasikan uang Anda untuk mengembangkan bisnis. Jangan pernah membelaskasihani dirimu sendiri dengan menggunakan uang tersebut untuk kepentingan pribadi. Kalo baru mendapatkan untung sedikit sudah dibuat belanja yang macam-macam, bagaimana Anda bisa menangani bisnis yang besar nantinya di masa depan?

Kalo perlu, Anda bisa membuat cadangan keuangan dari bisnis Anda. Jadi, seluruh keuntungan yang didapatkan, bisa dialihkan ke dalam ‘arus kas’ tersebut. Ketika Anda membutuhkan dana segar untuk melakukan ekspansi bisnis, Anda bisa mengambilnya melalui cadangan keuangan.

Belajar dari Kompetitor

Siapa yang mengatakan jika kompetitor hanyalah seorang pesaing dalam bisnis? jawaban tersebut sepertinya salah. Sebab, Anda juga bisa belajar banyak dari rival itu. Lihat, bagaimana cara mereka memperbesar bisnis mereka, inovasi apa yang mereka lakukan dan keseriusan mereka dalam membuat kerajaan bisnis.

Dari kompetitor, Anda bisa menarik kesimpulan jika sebuah bisnis akan berkembang apabila mereka mampu bertahan dan terus menghadirkan produk-produk yang inovatif demi kemajuan usahanya dan juga kemajuan bisnis di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *