Cara Jualan Online di Facebook- Facebook merupakan sosial media marketing yang ampuh untuk memasarkan produk barang atau jasa dalam bisnis karena banyaknya pengguna mereka. Saat ini, pengguna sosial media buatan Mark Zuckerberg tersebut menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan lainnya, semisal Twitter ataupun Instagram.

Hal ini tentu saja merupakan sebuah peluang bagus untuk berjualan di facebook apabila kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal. Jika masih awam mengenai perkembangan internet tentu berjualan online di facebook menjadi sesuatu hal yang terbilang susah untuk membuat produk supaya laris.

Baca Juga: 4 Cara Bisnis Online Baju dengan Modal Kecil Tapi Untung Besar

Cara Jualan Online di Facebook

Terdapat beberapa cara jualan online di Facebook yang kamu bisa ikuti untuk meningkatkan trafik penjualan dan menghasilkan omset mencapai jutaan rupiah. Cara di bawah ini merupakan langkah-langkah dasar untuk optimasi halaman sosial media kamu agar lebih tertata rapih.

1. Menyiapkan Foto Produk Berkualitas

Kualitas dari foto produk yang kamu gunakan untuk berjualan secara online di facebook harus sangat diperhatikan. Karena foto tersebut mewakili semua produk yang akan kamu jual. Sebagus apapun produk jika fotonya jelek maka akan terlihat jelek oleh pelanggan. Jadi, pastikan foto produk yang kamu gunakan memiliki kualitas tinggi. Jadi, jangan sembarangan menggunakan foto untuk nantinya diposting.

2. Memperbanyak Follower Facebook
Semua teman di Facebook adalah calon pelanggan kamu. Jadi, agar jualan online kamu di facebook laris, maka perbanyaklah pertemanan di facebook kamu terlebih dulu. Semakin banyak pertemanan yang kamu dapatkan, maka akan semakin besar juga peluang kamu agar bisa sukses jualan online di facebook.

3. Posting Produk Rutin di Facebook
Lakukan posting atau promosi produk secara rutin di beranda maupun di group-group facebook sesuai dengan produk yang kamu jual. Di dalam mempromosikan suatu produk, kamu tidak melakukan spam postingan. Lakukan secara perlahan-lahan agar tidak mengganggu pengguna lainnya.

Contohnya seperti promosi di kolom komentar, di beranda facebook orang lain, maupun promosi yang dilakukan dengan cara melakukan tag secara berlebihan. Jangan sampai kamu melakukan itu semua, karena tidak ada gunanya. Karena hal itu, kamu hanya akan malah dicap buruk oleh para calon pelanggan.

4. Membuat Postingan Kreatif
Membuat postingan produk secara kreatif perlu dilakukan, sehingga tidak menampilkan gambar yang itu-itu saja. kamu bisa berkreasi dengan membuat postingan lucu atau sesuatu yang sedang viral . Hal ini dilakukan untuk menarik interaksi dengan teman-teman kamu di facebook.

Baca Juga: 4 Cara Meningkatkan Penjualan Bisnis Online, Yakin Masih Mau Gulung Tikar?

Gunakan Facebook Business Page

Jika kamu siap untuk mengeluarkan uang lebih untuk berjualan di Facebook, kamu bisa mulai menggunakan Facebook Business Page. Syaratnya, kamu harus memiliki personal akun terlebih dahulu. Nantinya, akun kamu akan berbentuk pages seperti banyak bisnis-bisnis yang profesional.  Saat ini, ada 1,7 miliar akun yang bisa menjadi target potensial untuk bisnismu.

Bila kamu baru memulai kampanye di Facebook, kamu harus siap untuk menggelontorkan sejumlah uang untuk mengiklankan akun kamu. Apa gunanya? Dengan menggunakan kampanye berbayar, kamu bisa memasarkan produk kamu ke setiap user yang belum mengikuti atau berlangganan ke akun bisnismu.

Besarnya biaya yang kamu keluarkan akan berpengaruh terhadap seberapa banyak pengguna yang bisa melihat. Misalkan, kamu mempunyai budget Rp. 100 ribu, mungkin saja dibatasi ke 1000 akun dengan minat ataupun niche yang telah kamu tentukan sendiri. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba menggunakan Facebook Business Page?

Baca Juga: Membedah Apakah Bisnis Online Terpopuler di Indonesia Pada 2018?

Hindari Hal Ini

Pada dasarnya orang tidak akan suka jika diminta untuk membeli atau ditawari sesuatu produk dari orang asing yang belum mereka kenal. Seringnya interaksi dengan teman-teman kamu di facebook akan membuat kamu lebih mudah untuk memasarkan produk barang atau jasa yang akan kamu tawarkan. Karena orang-orang akan merasa lebih akrab jika kamu sering berinteraksi dengan mereka.

Ketika kamu memutuskan untuk berjualan, entah itu bisnis dalam skala kecil atau besar tentu saja memerlukan yang namanya pengelolaan keuangan. Dengan pengelolaan keuangan yang baik, bisnis yang kamu jalankan tentunya akan terlaksana dengan baik juga.

Untuk mempermudah pengelolaan keuangan kamu bisa menggunakan Paper.id. Dengan aplikasi ini penghitungan akan lebih mudah dan akurat. Sehingga menghemat waktu kamu . Jadi, segera gunakan aplikasi paper.id untuk pengelolaan bisnis kamu menjadi lebih baik.

 

 

Daniel Nugraha