Buat QR Code

Menurut data yang diturunkan oleh Kemenkominfo, pemilik UMKM di Indonesia telah mencapai 7,2 juta yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Dari jumlah total keseluruhan, sudah ada sekitar 2,64 juta UMKM yang mulai sadar potensi besar dari internet untuk kemajuan usaha mereka. Oleh karena itu, mereka mulai memasarkan produk melalui sosial media seperti Instagram dan Facebook hingga marketplace yang beragam di tanah air.

Keberadaan internet memang memudahkan para pelaku UMKM untuk menjual produk mereka pangsa pasar yang lebih luas. Namun, para pelaku usaha juga harus terus melakukan inovasi untuk mempermudah para konsumennya yang semakin lama semakin membesar. Salah satu langkah yang bisa mereka terapkan adalah dengan buat QR Code. Apa itu QR Code dan mengapa hal itu sangat penting?

QR Code (Quick Response Code) merupakan sebuah kode yang dibuat untuk mempermudah aktivitas bisnis Anda. Misalkan, Anda membutuhkan alat promosi, tinggal buat QR Code agar tidak menyita waktu Anda untuk  mengerjakan hal lain. Karena fungsi yang beragam tersebut, banyak pengusaha mulai melupakan cara lama dalam promosi dan mulai membuat kode mereka sendiri.

Akan tetapi, banyak pengusaha masih merasa kesulitan dalam buat QR Code padahal Anda bisa membuatnya dalam hitungan menit. Gak percaya? silahkan ikuti beberapa langkah di bawah ini:

Langkah 1: Buat QR Code di Gsheet

Membuat QR Code ternyata sangatlah mudah dan Anda tidak memerlukan sepeserpun biaya. Pertama, Anda harus menuju Google Spreadsheet ataupun Microsoft Excel untuk membuat formulanya. Kemudian, Anda bisa menentukan jenis apa yang akan dibuatkan menjadi QR Code, bisa itu nama, jalan, tempat, nomor telepon hingga website untuk promosi dll.

Buka Spreadsheet Baru

Setelah Anda membuka Google Spreadsheet, Anda bisa membuat halaman Google Spreadsheet baru untuk memudahkan dalam pembuatan QR Code. Sebab, Anda harus menggunakan laman kosong agar nantinya formula yang dimasukkan lebih mudah dan tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya, silahkan terus baca ke step selanjutnya.

Buat Tabel: Kolom 1

Buka Google Spreadsheet, kemudian Anda bisa membuat dua buat tabel kolom yang terpisah. Di kolom pertama, Anda bisa isi dengan teks ataupun URL sesuai dengan keinginan Anda. Tapi, akan lebih berguna, jika kolom pertama tersebut adalah sebuah URL atau website sebab nanti QR Code yang terbuat akan otomatis langsung masuk ke dalam tujuan dari situs yang Anda dibuat di dalamnya.

Dengan kata lain, apa yang Anda isi di kolom A tersebut, akan menjadi hasil akhir dari QR Code. Jika Anda ingin membuat QR Code untuk nama Anda, silahkan isi kolom tersebut dengan nama Anda sendiri. Misalkan, Rendi, Yoga ataupun Tya. Di kolom kedua nanti, ada akan memasukkan rumus-rumus yang akan diformulasikan menjadi sebuah QR Code.

Buat Tabel: Isi dari Kolom Ke-2

QR Code - Paper.id

QR Code – Paper.id

Jika di kolom pertama Anda isi dengan nama ataupun URL sebuah website, hal berbeda akan Anda buat di kolom kedua. Sebab, di sana, Anda akan memasukkan sebuah rumus yang telah dibuat oleh Google. Jangan khawatir, Anda bisa copy paste rumus tersebut di bawah sini.

=image(“https://chart.googleapis.com/chart?chs=150×150&cht=qr&chl=”&A2)

Setelah rumus dituliskan, Anda bisa besarkan tabel yang tersedia sehingga QR Code akan terbentuk. Jika Anda formula tersebut tidak berhasil, silahkan coba ulang lagi rumus tersebut hingga berhasil digunakan.

Kurang lebih seperti itulah cara membuat QR Code gratis untuk mempermudah kegiatan bisnis Anda. Saat ini, QR Code sudah menjadi salah satu hal yang patut dimiliki para pengusaha. Anda sudah bisa membuatnya dan silahkan untuk digunakan untuk usaha Anda ke depannya.

Jangan lupa, jika Anda merasa waktu Anda banyak terbuang hanya untuk mengirimkan invoice kepada pelanggan, sekarang Anda bisa gunakan Paper.id. Bagaimana caranya? dapatkan kemudahan mulai saat ini juga dengan cara membuat akun secara GRATIS melalui tombol di bawah ini.

 

(Visited 93 times, 1 visits today)