Berbicara bisnis atau menjadi seorang entrepreneur selalu terdapat pemikiran,“bagaimana caranya produk kita laku di pasaran?” dan lain sebagainya. Ternyata pemikiran seperti itu tidak membuat kita melangkah lebih jauh.

Pada dasarnya, tidak ada bisnis yang tidak laku. Yang ada hanya bisnis tersebut tidak dapat mengikuti trend jaman. Berkembangnya jaman dan arus informasi sekarang, membuat bisnis importir atau bisnis online menjadi dua pilihan yang paling menarik. Namun melihat semakin padatnya bisnis online saat ini maka tersisa, bisnis importir menjadi pilihan menarik selanjutnya.

Tapi apakah mudah menjadi seorang importir?

Jika dulu sistem bisnis (importir) ini menjadi sesuatu yang mewah, namun tidak untuk sekarang. Tahukah kamu, hampir sebagian besar peralatan rumah tangga yang biasa kita gunakan itu produk impor?

“Berarti dengan mengimpor, kita memberi makan negara lain? Tidak nasionalis?”

Benar kalau kita berhenti berpikir sampai di situ.

Tapi bila kita mau berpikir lebih dalam, dengan banyaknya importir di dalam suatu negara maka akan membuat harga pasar semakin kompetitif dan tidak ada monopoli dari pemilik modal besar.

Langkah pertama sebelum kamu menjadi seorang importir adalah meriset barang-barang/produk yang sedang naik daun namun masih dijual mahal di pasaran. Jika sudah menemukan produk tersebut, kamu bisa langsung mencari produsen yang bisa membuat produk tersebut dengan harga jauh dari pasaran. Dan biasanya pabrik-pabrik ini berasal dari China.

Maka jangan heran jika banyak importir mengambil supply dari negeri tirai bambu ini, selain itu tentu banyak keuntungan dibalik bisnis import dari China seperti dibawah ini:

Harga Barang yang Sangat Murah

Ini yang sudah dijelaskan diatas bahwasanya harga barang yang dijual di China sangatlah murah, bahkan kamu bisa menawar harga suatu barang hingga sangat murah dari harga yang ditawarkan pasar. Murahnya harga barang tersebut otomatis bisa membuat kamu lebih leluasa menjual kembali produk atau barang hingga 10 kali lipat dari harga import barang tersebut.

Barang Unik dan Jarang

Supplier atau produsen produk di China selalu melakukan inovasi tersendiri terhadap barang atau produk yang mereka buat. Otomatis, hal ini membuat banyak sekali barang-barang unik dan langka yang diproduksi di China. Dan (yang lebih menguntungkannya) lagi, pasar Indonesia masih jarang ditemui produsen untuk produk-produk unik dan jarang. Jadi, ini bisa menjadi peluang/kesempatan kamu untuk menjual barang-barang/produk unik tersebut. Mengingat masih kurangnya produsen di Indonesia namun permintaan pasar untuk barang unik dan langka yang kian meningkat.

Banyak Barang dengan Kualitas Terbaik

Banyak yang beranggapan jika barang yang berasal dari China adalah produk yang tidak awet atau gampang rusak. Pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Produk import dari China dijamin memiliki kualitas yang bagus dan baik karena sebelum produk atau barang diimport tentu melalui cek kualitas produk terlebih dahulu.

Margin Keuntungan Sangat Besar

Inilah yang paling menguntungkan dari bisnis import China. Keuntungan pertama telah disebutkan jika kamu akan mendapatkan margin keuntungan yang sangat besar ketika kamu menjual produk import China di Indonesia. Tak hanya itu kamu tak perlu mengkhawatirkan kerugian yang akan kamu dapatkan, karena dijamin kamu akan sangat untung.

Bisnis Online Kamu Lebih Cepat Berkembang 

Karena kamu lah yang memulai bisnis import dari China ini, otomatis kamu membuka peluang besar bagi mereka yang ingin menjadi reseller atau dropshipper dari barang kamu. Status kamu pun akan berganti menjadi vendor produk-produk import dari China.

Manajemen Keuntungan

Nah setelah kamu menjadi vendor/supplier produk import dari Cina, tentu kamu perlu manajemen invoice tagihan secara lebih mudah untuk perekapan dan pelaporan usaha importir kamu. Di era digital seperti sekarang, pelaporan keuangan usaha tidak perlu dibuat secara manual. Sudah banyak aplikasi invoice yang hadir untuk menyelesaikan permasalahan invoice usaha importir kamu itu, salah satunya Paper.id

 

buat blog

Software invoice untuk manajemen invoice atau tagihan secara lebih mudah dan tersimpan secara lebih rapih untuk kebutuhan di masa mendatang. Paper.id dilengkapi dengan fitur inventory dan fitur akuntansi. Paper.id juga hadir gratis buat kamu yang baru memulai bisnis. Jadi mau bisnis apa kamu tahun 2018 nanti? Ceritain di kolom komentar ya.

 

Daniel Nugraha