Kemajuan teknologi memberikan efek yang sangat besar terhadap banyak bidang termasuk ekonomi dimana, hal ini ditandai dengan lahirnya aplikasi invoice dan kwitansi gratis. Setiap aplikasi dilengkapi dengan fitur yang berbeda-beda dan menarik.

Keberadaan aplikasi ini sangat penting untuk kemajuan bisnis terutama bagi pelaku UKM. Para pelaku UKM tidak memiliki pembukuan yang baik. Untuk itu, aplikasi invoice atau kwitansi bisa menjadi alat yang tepat untuk membantu keuangan bisnis mereka agar berjalan dengan baik.Jika kamu tertarik untuk mencari aplikasi invoice dan kwitansi gratis yang pas, berikut tips yang harus kamu ketahui.

Baca juga: Contoh invoice word sederhana untuk kantor

Aplikasi invoice dan kwitansi gratis yang baik punya fitur yang lengkap

Kamu harus memastikan fitur-fitur yang ada di aplikasi invoice dan kwitansi gratis tersebut lengkap. Ada 5 fitur penting yang harus ada yakni, manajemen kontak, pajak dan faktur pajak, sistem yang telah terotomatisasi dan email tagihan, dashboard overview, fitur untuk kegiatan operasional (invoice, kwitansi, nota, neraca, dll), dan template serta dashboard overview.

Invoice penjualan

Pada intinya, sebuah aplikasi yang baik biasanya berisi fitur-fitur penting serta rangkuman laporan yang dapat memberikan informasi apakah perusahaan yang dipimpin berada dalam kondisi yang baik. Setelah itu, aplikasi yang baik juga harus memiliki sistem yang telah terotomatisasi dan email tagihan yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan email atau notifikasi tentang pelanggan yang belum bayar.

Fitur tambahan yang suportif

Selain menyediakan fitur utama yang dibutuhkan, sebuah aplikasi invoice dan kwitansi gratis yang bagus biasanya memiliki fitur tambahan yang dapat mendukung kinerja kamu menjadi lebih baik. Salah satu contohnya, integrase dengan pihak ketiga. Pihak penyedia aplikasi akan mengadakan kerjasama dengan pihak lain untuk membuat fitur baru yang dapat menarik pelanggan lebih banyak.

Selain itu, fitur fungsionalitas ponsel juga penting. Fitur ini membantu kamu untuk mengunduh hasil pekerjaan kamu secara langsung, sehingga kamu bisa mengerjakannya dimana saja atau mengirimkannya via email atau aplikasi chat seperti Whatsapp.

Baca juga: Siklus akuntansi perusahaan manufaktur yang harus kamu ketahui 

Sesuaikan dengan kebutuhanmu

Setelah mengetahui fitur-fitur yang ada, hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah, kamu harus memilih aplikasi invoice dan kwitansi gratis yang paling pas. Kamu bisa membandingkan beberapa aplikasi dan memilih aplikasi yan terbaik.

Kamu bisa memilihnya berdasarkan beberapa faktor. Pertama, kamu bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan kantor kamu. Cari tahu tentang kebutuhan apa yang benar-benar dibutuhkan. Biasanya, kantor membutuhkan beberapa fitur operasional akuntansi seperti, invoice, kwitansi, nota dan juga fitur lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih faktor kemudahan. Faktor kemudahan menjadi faktor penting yang harus dilihat. Aplikasi yang mudah digunakan dapat membantu kamu untuk bekerja lebih mudah tanpa harus menghabiskan waktu yang lama untuk mempelajarinya.

Faktor selanjutnya, apakah aplikasi yang ada bekerja berdasarkan prinsip akuntansi? Faktor ini terkadang dilupakan oleh orang-orang. Kamu harus melihat apakah aplikasi tersebut bekerja berdasarkan prinsip akuntansi sehingga, kamu bisa mendapatkan laporan keuangan yang pas dan tidak melenceng jauh dari prinsip akuntansi.

Terakhir, harga dari aplikasi tersebut. Faktor harga memang menjadi faktor penting yang turut mempengaruhi pertimbangan seseorang dalam memilih aplikasi. Karena itu, kamu bisa membandingkan aplikasi-aplikasi yang ada sesuai dengan harga dan fitur yang ditawarkan.

Biasanya, banyak aplikasi memberikan kesempatan untuk mencobanya secara gratis. Namun, hal ini tidak terjadi pada Paper.id, karena software invoice milik Paper.id BENERAN GRATIS SELAMA-LAMANYA!

Paper.id merupakan merupakan software invoice dengan beragam fitur yang telah terintegrasi dan teromotasisasi secara baik. Ada beragam fitur yang bisa kamu gunakan mulai dari invoice, nota, kwitansi, chart of account, inventory, dan fitur lainnya. Karena itu, kamu tidak akan lagi kepusingan karena semua fitur sudah ada hanya dalam satu aplikasi saja! Semuanya jadi lebih praktis dan mudah Bersama Paper.id! Klik tombol dibawah untuk menggunakannya secara GRATIS!

Daniel Nugraha