Software Akuntansi– Kehadiran teknologi merubah segala hal, salah satunya di dalam dunia bisnis. Setiap aspek dalam bisnis mulai tergantikan. 7-10 tahun yang lalu, semuanya masih serba manual menggunakan metode lama, seperti penyediaan makanan oleh pramusaji hingga pembayaran pun masih harus dengan uang kertas. Namun, stigma tersebut berubah secara bertahap.

Di Jepang dan beberapa restoran tenar di dunia, robot telah digunakan sebagai seorang pramusaji. Tujuannya jelas untuk mempermudah pekerjaan sekaligus meningkatkan daya tarik. Tidak hanya bagian depan saja, sistem-sistem di dalam pengelolaan bisnis juga ikut berubah, yakni dengan menggunakan Software Akuntansi.

Singkatnya, keberadaan metode pengelolaan secara digital ini memang membuat segalanya menjadi lebih cepat, mulai dari sistem pembayaran, pengiriman tagihan kepada pelanggan bahkan hingga manajemen stok yang ada di dalam gudang. Terkhusus untuk para pemilik usaha yang belum mengikuti perkembangan zaman, ini dia 5 alasan agar kamu beralih ke pengelolaan secara digital:

Lunas Lebih Cepat

Software Akuntansi memiliki bermacam fitur-fitur yang memudahkan pemilik usaha. Bahkan, sebuah pengelolaan digital mampu memberikan jaminan pelunasan tagihan dari pelanggan dengan lebih cepat. Caranya satu, yakni dengan mengirimkan Invoice secara digital kepada pelanggan dimanapun mereka berada.

Sudah banyak sekali kejadian bangkrutnya sebuah bisnis lantaran pelanggan telat dalam melakukan pembayaran tagihan. Itulah kenapa pengiriman Invoice menjadi hal vital yang harus dilakukan. Kenapa? karena di setiap invoice terkirim, akan tercatat jumlah tagihan beserta tanggal jatuh tempo pembayaran.

Terlebih lagi, beberapa penyedia software bersedia memberikan invoice reminder sebagai media pengingat kepada pelanggan. Maksudnya, pemilik usaha tidak perlu lagi memberikan peringatan secara manual kepada pelanggan karena semuanya telah diatur secara otomatis dan taktis dalam sebuah software.

Baca Juga: Termasuk Pengingat Faktur, Ini 5 Cara Pembayaran Invoice Tepat Waktu

Keakuratan Pencatatan

Pelanggan bisa membayar tagihannya kapanpun dan dimanapun. Mungkin saja, mereka membayar ketika kamu sedang jalan-jalan sehingga tidak sempat melakukan pencatatan pemasukkan dalam Laporan Keuangan. Jika dibiarkan terlalu lama, kamu biasanya akan lupa dan akan terjadi miskomunikasi dengan pelanggan. Ujung-ujungnya, pelanggan kesal dan enggan untuk kembali belanja produk atas jasa dari kamu.

Hal berbeda bisa dilakukan dalam sebuah software akuntansi. Dalam situasi apapun, kamu tetap bisa melakukan pencatatan sebab kamu bisa melakukan update Laporan Keuangan melalui smartphone. Selain lebih cepat, kamu juga bisa menghemat kertas yang bisa rusak suatu saat.

Lebih Aman

Masih menggunakan cara manual dengan mencatat di kertas atau buku besar? ubah sekarang. Penggunaan metode tradisional tidak lagi aman karena berbagai hal, seperti manipulasi data hingga rusak. Jika ingin lebih aman, pindahkan data-data tersebut ke dalam software yang bisa kamu percayai.

Semua software pengelolaan bisnis telah memiliki jaminan keamanan sehingga data kamu tidak akan tersebar ke pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Lagi pula, kamu hanya perlu mencatat data saja tanpa harus menyimpan uang ke dalam akun tertentu. Lebih lanjut, data-data penting memang harus ditaruh di tempat yang terpercaya juga, bukan?

Praktis dan Sederhana

Sebelum adanya software pengelolaan bisnis, pemilik usaha harus membedakan buku pencatatan, baik untuk neraca keuangan, beban (pengeluaran) hingga arus kas. Namun saat ini, semuanya bisa diselesaikan tanpa menggunakan media (perantara) buku tulis. Rekapan aman di dalam satu akun software akuntansi.

Penyederhanaan itu juga membuat waktu yang dibutuhkan, dalam mengelola bisnis, menjadi lebih pendek. Terlebih untuk Laporan Keuangan. Kenapa? karena kamu tidak perlu lagi memerlukan kalkulator untuk melakukan penghitungan. Semua angka sudah terhitung secara otomatis bahkan hingga penghitungan pajak dan diskon lain-lainnya.

Baca Juga: 5 Aplikasi Akuntansi Buat Pengusaha yang Benci Pembukuan

Software Akuntansi Terbaik

Setiap software akuntansi memiliki cara tersendiri untuk membuat para pemilik usaha loyal dalam menggunakan perangkat mereka. Namun, banyak dari mereka yang menerapkan sistem berbayar dalam penggunaan jangka panjang. Hal itu tentunya memberatkan bagi para pengusaha terutama mereka yang masih merintis usaha sejak kecil.

Dari sekian banyak software pengelolaan bisnis yang ada, kamu bisa menggunakan Paper.id. Sebab, software tersebut memberikan kamu kebebasan penggunaan selamanya tanpa harus berbayar. Setidaknya, kamu bisa mengirim invoice atau tagihan tanpa batas kepada pelanggan. Fitur itu tidak dibuka di software lainnya.

Jika kamu masih menggunakan metode lama yang memakan banyak waktu, kenapa tidak mulai mengubahnya saat ini juga. Gunakan gratis dengan cara mengklik tombol yang tertera di bawah ini.

 

google_play_customer_io
Daniel Nugraha