Membuat bisnis itu bisa dianalogikan seperti membangun istana yang mana membutuhkan batu bata, pasir hingga tukang bangunan. Akan tetapi, istana tersebut tidak bisa mulai untuk dibangun apabila Anda tidak memiliki arsitek yang merancang konstruksi awal pembangunan istana itu. Arsitek pun tidak akan mampu membuatnya apabila ia tidak belajar dulu mengenai dasar-dasar membuat bangunan.

Sama seperti hal di atas, bisnis yang Anda buat hanya akan berjalan di tempat apabila Anda tidak mau belajar. Perkembangan sebuah bisnis biasanya ditentukan dari pengalaman. Selain sharing dengan entrepreneur lainnya, Anda juga bisa baca beberapa buku bisnis terbaik seperti yang telah direkomendasikan oleh Paper.id di bawah ini.

Buku Bisnis Terbaik: Likeable Social Media

Menurut sebuah riset yang dilakukan oleh clutch, sekitar 47% para pemilik bisnis kecil dan menengah masih tidak aktif menggunakan sosial media. Padahal, dunia maya mempunyai tingkat kesuksesan yang besar di dalam menarik engagement dari konsumen, Ketidaktahuan cara melakukan optimasi sosial media memang menjadi masalah yang pelik dan faktor utama hal itu tidak mereka lakukan.

Oleh karena itu, Anda harus coba membaca buku bisnis terbaik berjudul “Likeable Social Media by Dave Kerpen”. Dave sendiri bukanlah orang baru di dunia digital marketing sebab ia adalah pengusaha, pembicara dan juga CEO dari Likeable Local yang telah mengurusi ratusan hingga ribuan UKM di Amerika Serikat.

Di dalam buku ini, Anda bisa mengetahui cara mengelola sosial media yang benar. Selain itu, Dave juga menyisipkan beberapa tools yang bisa berguna untuk meningkatkan penjualan produk Anda. Untuk lebih jelasnya, silahkan langsung beli buku bisnis terbaik tersebut.

Epic Content Marketing

Berbeda dengan buku bisnis terbaik sebelumnya, Epic Content Marketing merupakan sebuah buku strategi yang berfokus terhadap bagaimana cara mendapatkan audiensi target yang tepat. Lebih lanjut, buku yang ditulis oleh Joe Pulizzi ini sangat cocok buat Anda yang suka melakukan penjualan secara soft selling. Sebab, Anda akan diajarkan bagaimana cara menulis konten persuasif sehingga konsumen mau membeli produk Anda.

Sebagai sedikit bocoran, Epic Content Marketing akan mengajarkan tentang cara membuat storytelling. Bagaimana cara mengajak emosi pembaca agar terus mengikuti alur sang penulis sehingga akhirnya menutup pernyataan dengan melakukan konversi atau pembelian produk.

Business Adventure

Dibandingkan dua buku sebelumnya, Business Adventure bisa dibilang lebih tua sebab diterbitkan sejak tahun 1960. Di dalamnya, terdapat 12 cerita mengenai para orang sukses yang mampu membesarkan bisnisnya dengan pesat. Akan tetapi, buku yang dibuat oleh John Brooks ini cukup sulit dicerna karena cara penyampaiannya yang cukup berat. Tidak semua orang akan mampu membacanya.

Walaupun sulit dimengerti, Business Adventure merupakan buku bisnis terbaik bagi Bill Gates. Sebab, karena buku ini, ia akhirnya mampu menunaikan cita-citanya dan membuat Microsoft berkembang pesat. Usut punya usut, ia meminjam buku ini dari Warren Buffet yang juga termasuk ke dalam jajaran 10 orang terkaya di dunia versi Forbes.

Di awal penerbitannya, Business Adventure tidak menarik banyak orang. Hingga pada tahun 2014, Bill Gates menceritakan jika buku tersebut mampu membuatnya memandang bisnis ke dalam arti yang lebih luas. Tak lama setelah itu, buku ini menjadi top selling book di salah satu situs jual beli online terbesar di dunia, Amazon.

Rich Dad Poor Dad

Rich Dad Poor Dad merupakan sebuah buku bisnis terbaik yang pernah dibuat oleh Robert Kiyosaki. Secara umum, buku ini menjelaskan tentang bagaimana cara membangun aset ketika menjadi seorang pengusaha dan pekerja. Lebih lanjut, Anda juga akan mempelajari cara mengelola keuangan agar bisa menabung demi kesejahteraan di masa depan.

Robert Kiyosaki pun menerangkan jika pegawai akan selalu berpatokan dengan money oriented. Jadi, semakin banyak gaji yang didapatkan semakin besar pula pengeluaran yang dihabiskan.  Pemikiran sebaliknya dimiliki oleh para pengusaha. Dibandingkan membuat pengeluaran yang besar untuk kebutuhan tersier, mereka lebih suka untuk menginvestasikan uang tersebut sehingga bisa menghasilkan income yang lebih banyak lagi.

“Aset terbaik yang dimiliki oleh manusia adalah pikiran. Jika otak Anda telah dilatih dengan baik, otak Anda akan mampu menghasilkan kekayaan yang lebih banyak secara instan atau cepat,” salah satu kutipan dari Robert Kiyosaki.

Terdiri dari 9 bab, Rich Dad Poor Dad adalah buku yang merupakan pengalaman nyata dari seorang Robert Kiyosaki. Poor Dad di dalam buku ini ternyata adalah ayah dari sang pengarang sendiri sedangkan Rich Dad adalah ayah dari teman akrab Robert Kiyosaki. Apakah Anda tertarik untuk membacanya?

The Power of Visual Storytelling

Media sosial merupakan target pasar terbesar saat ini. Melakukan penjualan di dunia maya juga terbilang tidaklah mudah. Sebuah studi bahkan menunjukkan jika seseorang hanya akan melakukan konversi selama 8 detik. Jika telah lebih dari waktu itu, mereka dipastikan tidak akan membeli produk Anda. Lantas, bagaimana cara mempengaruhi seseorang di dalam waktu yang cukup singkat tersebut?

Menurut buku bisnis terbaik, The Power of Visual Storytelling, hanya ada satu cara mempengaruhinya yakni dengan visual. Tampilan gambar menarik ditunjang dengan padanan warna apik, membuat konsumen betah berlama-lama untuk melihat katalog produk Anda. Faktanya, penggunaan gambar yang tepat juga bisa meningkatkan konversi mencapai 180 kali lipat lebih besar.

Bukan hanya melalui gambar foto biasa, Anda juga bisa memadupadankan dengan gambar infografik video ataupun .gif berjalan sesuai dengan segmentasi pasar Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih dalam bagaimana cara menjadi master dalam penjualan, silahkan baca buku yang dibuat oleh Ekaterina Walter dan Jessica Gioglio ini.

Itu dia beberapa buku bisnis terbaik yang bisa Anda jadikan referensi dalam berwirausaha. Semakin banyak buku yang Anda baca, semakin banyak pula pengetahuan Anda mengenai dunia bisnis. Yuk, mulai bisnis sekarang di Paper.id

 

Daniel Nugraha