fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

10 Buku Rekomendasi dari Bill Gates yang Wajib Kamu Baca

Fery Andriawan | Desember 26, 2018
Buku Rekomendasi Bill Gates

Buku Rekomendasi Bill Gates

Rate this post

Jeff Bezos didaulat sebagai orang terkaya di dunia bersama dengan Amazon, perusahaan yang didirikannya. Akan tetapi, seluruh masyarakat dunia tetap tidak akan lupa dengan Bill Gates. Co Founder dari Microsoft tersebut merupakan salah seorang inovator yang membuat perkembangan teknologi di dunia semakin pesat. Sebagai seorang critical thinker, Bill Gates mengatakan jika dirinya bisa membaca 50 buku di setiap tahunnya.

Ketika diwawancarai oleh New York Times, Bill Gates mengatakan jika membaca buku masih merupakan cara utama baginya untuk memperoleh hal-hal baru dan juga melatih pemahamannya dalam menangkap sebuah kondisi yang terjadi di dunia. Gates sendiri cukup selektif dalam membaca buku rekomendasi, baik yang diciptakan oleh penulis ternama hingga penulis yang memang masih belum terlalu matang.

Baginya, isi dari sebuah buku tidak ditentukan oleh siapa penulisnya tapi bagaimana cara mereka menulis sebuah buku hingga buku tersebut mudah dipahami. Gates sendiri memiliki sebuah blog yang khusus mengulas tentang buku rekomendasi yang bisa dibaca para pengusaha. Menjelang tahun 2019, pria yang memiliki kekayaan 95,7 triliun dollar tersebut mengulas sekitar 24 buku terbaik yang harus dibaca. Apa saja?

Baca juga: 5 Buku Bisnis Terbaik yang Bisa Membuat Omset Penjualan Meledak

Buku Rekomendasi dari Bill Gates

Walaupun merupakan seorang entrepreneur kenyataanya tidak semua buku yang dibaca oleh Bill Gates berkaitan dengan dunia usaha. Ia juga banyak membaca jenis-jenis buku lainnya, seperti: kesehatan, pendidikan hingga hal-hal lainnya yang berkaitan dengan keterikatan antara manusia dengan manusia lainnya. Hal tersebutlah sepertinya yang membuat dirinya mendirikan sebuah gerakan amal bersama sang istri.

10  Buku Rekomendasi dari Bill Gates adalah:

Turtles All The Way Down by John Green

Army of None by Paul Scharre

Educated by Tara Westover

21 Lessons for 21st Century by Yuval Noah Harari

The Headspace Guide to Meditation dan Mindfulness

Leonardo da Vinci by Walter Isaacson

Everything Happens for A Reason by Kate Bowler

Lincoln in the Bardo by George Saunders.

Factfulness by Hans Rosling

The Moment of Lift by Melinda Gates

Kebiasaan Bill Gates Membaca Buku

Bill Gates memiliki cara tersendiri dalam membaca buku. Jika dibandingkan banyak entrepreneur lainnya, 50 buku yang diselesaikan oleh suami dari Melinda Gates ini terbilang sedikit. Akan tetapi, Gates tidak hanya membaca buku tersebut melainkan juga memahami isinya secara seksama. Pria berusia 63 tahun tersebut ingin setiap kalimat yang ia baca dapat diterjemahkan ke dalam kehidupan sebenarnya. Ada 3 kebiasaan membaca Bill Gates yang mungkin harus Anda ketahui juga:

Membuat catatan kecil

“Kamu tahu ketika kamu membaca, kamu harus benar-benar berkonsentrasi mengenai hal itu. Terutama, untuk buku non fiksi yang membutuhkan pengalaman lebih dan penafsiran sebuah dunia baru. Bagi saya, membuat sebuah catatan kecil di setiap halaman akan membantu untuk mencerna hal tersebut,” kata Gates.

Apa yang dilakukan oleh Bill Gates ini memang berguna untuk mencerna sebuah buku yang membutuhkan pemahaman mendalam. Kenapa? karena catatan tersebut akan berguna untuk mengembangkan empati, berpikir secara kritis dan menafsirkan sebuah buku ke dalam beberapa perspektif yang berbeda.

Selesaikan buku yang dibaca

Kedua, Bill Gates mengatakan jika dirinya menganjurkan apabila seorang pembaca menyelesaikan buku yang dibacanya. Sebab, jika tidak, akan terjadi miskonsepsi atau kesalahpahaman dalam menangkap poin penting dari buku itu sendiri. Lebih lanjut, keengganan menyelesaikan buku membuat visi dan gagasan dari sang penulis tidak akan dapat diterjemahkan secara sempurna.

Serius walaupun hanya satu jam

Menurutnya, membaca buku berbeda dengan membaca majalah atau menonton video Youtube yang hanya membutuhkan waktu sekitar 10-15 menit. Membaca buku membutuhkan keseriusan lebih. Jadi, luangkan waktu walaupun hanya sejam saja agar bisa berkonsentrasi terhadap bacaan yang sedang dibaca. Dengan begitu, Anda bisa menemukan kenikmatan dalam membaca sebuah buku.

Baca juga: Buku Bisnis GRATIS: Bangun Kerajaan Bisnis di Sosial Media Tanpa Biaya

Menyukai Buku Fiksi

Tidak semua buku yang dibaca oleh Bill Gates berkaitan dengan dunia bisnis dan usaha. Sebab, siapa sangka jika Gates juga suka membaca buku fiksi karangan dari John Green. Salah satu karya John Green yang terkenal adalah The Fault in Our Stars tapi Bill Gates pertama kali jatuh cinta dengan bukunya yang berjudul Turtles All The Way Down yang diterbitkan 2010. Kala itu, anak bungsunya, Phoebe, yang mengubah dirinya dan istri hingga menyukai buku-buku karya dari John Green.

Turtles All The Way Down sendiri menceritakan seorang siswa bernama Aza Holmes yang melacak jejak dari hilangnya seorang anak orang kaya dari daerahnya. Hal tersebut ia lakukan bersama dengan temannya agar bisa mendapatkan imbalan hadiah sebesar 100 ribu dollar dari kedua orang tua anak tersebut. Cara John Green mendeskripsikan setiap karakter secara mendalam membuat Bill Gates suka berimajinasi dan membayangkannya sehingga ia pun memuji kehebatan sang penulis di dalam membuat karya novel fiksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *