Pada suatu sore hari, Kyle Finn Dempsey menginjak kencang pedal mobilnya di jalanan yang sepi. Mobil yang tengah melaju kencang tersebut tiba-tiba berhenti di sebuah kabin tua tidak berpenghuni. Terlihat kotor dan berdebu seperti tampak terawat dalam waktu yang lama. Sejenak berpikir, Dempsey ingin mengubah kabin tersebut menjadi tempat yang artistik.

Tak butuh waktu lama untuk Kyle membuat konsep mengenai pemandangan kabin tua menjadi indah dan menarik untuk dipandang. Sejenak ia kembali ke rumah untuk mengambil beberapa perlengkapan ‘perang’, seperti selimut, coffee maker, hingga gitar yang digantungkan di pundaknya.

Kyle menemukan tempat tersebut bukan untuk bersantai menikmati indahnya malam hari sembari menikmati bintang. Lebih dari itu, ia menyiapkan perlengkapan sebagai bagian dari memuaskan hobinya sebagai seorang fotografer. Snapshot traveler tersebut memang telah menganggap fotografi sebagai bagian dari hidupnya yang tidak terpisahkan.

Kisah Inspiratif: Kyle Finn Dempsey

Kyle Finn Kabin

Kyle Finn Kabin

Butuh waktu beberapa jam bagi Kyle Finn Dempsey untuk mendapatkan angle yang pas untuk diabadikan dalam sebuah foto. Beberapa kali, ia tampak menggeser gitar dan selimutnya untuk mendapatkan foto yang ideal di feed instagramnya. Ya, kehidupan Kyle Finn Dempsey sebelumnya hanyalah tukang potret biasa yang suka memposting gambarnya melalui media sosial.

Namun, sebuah foto kabin tua yang diambil pada tahun 2016 tersebut merubah hidupnya. Dari yang hanya pegawai biasa, Kyle memutuskan untuk memulai projek mengembangkan keahliannya sebagai seorang photography influencer. Dalam waktu singkat, namanya terukir menjadi salah satu kisah inspiratif seorang yang berhasil memperkenalkan dunia melalui sebuah foto.

Ya, hanya beberapa jam setelah foto tersebut dirilis, Kyle mendapatkan 10 ribu followers ‘dadakan’. Siapa sangka, gambar kabin tua artistik tersebut menjadi viral di media sosial instagram yang langsung melambungkan namanya secara spontan. Apakah itu foto pertama yang ia ambil? Jawabannya tidak.

Kehidupan Baru

Saat ini, Kyle Finn Dempsey telah memiliki lebih dari 400 ribu followers di akun instagram pribadinya. Ia memilih untuk melepaskan pekerjaan tetapnya agar bisa fokus menjalani hidup sesuai dengan passionnya, yakni dengan menjadi full-time photographer. Lantas, apa yang didapatkan oleh Dempsey saat ini?

Sebuah foto kabin tua tersebut merubah hidupnya. Jika dulu ia mencari klien untuk mendapatkan dana tambahan, kini para pelanggan sendiri yang mulai berdatangan untuk mencari dirinya. Bahkan, satu postingan endorse dihargai mencapai $5 ribu atau kurang lebih Rp. 72 juta. Harga yang cukup pantas untuk seni yang spektakuler.

Untuk mendapatkan sebuah foto yang ideal, Kyle bisa menghabiskan waktu hingga berhari-hari atau bahkan berminggu-minggu. Sebab, sebuah seni tidak bisa didapatkan dalam waktu yang cepat. Lebih lanjut, Kyle juga mengatakan bisa membutuhkan waktu hingga 6 bulan hanya untuk satu orang klien. Itu yang dinamakan kehidupan baru yang penuh petualangan baginya.

Instagram dan Perubahan Karir

Hasil Karya Kyle Finn

Hasil Karya Kyle Finn

Diwawancarai oleh Entrepreneur, Kyle mengatakan jika pekerjaan barunya memberikan ia kebebasan dalam menentukan waktu untuk beristirahat. Pemilik akun @KyleFinnDempsey tersebut mengatakan jika ia bahkan bisa menghabiskan waktu seminggu hanya tidur di rumah lantaran ia membutuhkan istirahat. Kemudian, ia mulai lagi mendapatkan klien seminggu setelahnya.

“Jika aku beruntung, aku akan berada di rumah dalam satu minggu penuh tidak melakukan apapun. Namun, minggu-minggu selanjutnya, aku bisa pergi bersama klien beberapa waktu. Sebagai contoh, aku pernah pergi selama 6 bulan untuk membuatkan satu paket foto untuk brand terkenal asal Amerika Serikat,” kata Kyle ke Entrepreneur.

Kesibukan dari Kyle memang membuatnya mendapatkan pundi-pundi uang yang berlimpah. Lebih lanjut, klien dari Kyle merupakan perusahaan kelas satu, seperti Land Rover, Samsung, Adobe, Cape Cod dll. Ke depannya, ia juga telah menyiapkan beberapa kerjasama dengan produk-produk yang tidak kalah populer.

Sukses dan Ambisi Sejak Muda

Sebuah kisah inspiratif dari Kyle Finn Dempsey memang memberikan motivasi bagi para fotografer pemula yang ingin mencicipi langkah karirnya. Dalam sebuah kesempatan, ia juga sempat memberikan nasihat jika ada yang ia langsung terjun seperti dirinya ke dunia fotografi, yakni mengetahui niche dan hindari idealisme.

“Kamu harus mengetahui siapa niche kamu. Kamu harus bisa menjadi apapun yang orang lain inginkan bukan sesuatu untuk orang lain. Aku akan menambahkan jika konsistensi merupakan resep rahasia apabila ingin sukses melangkah di karir ini. Terus mencoba dan jangan takut jatuh ketika kamu melangkah,” kata Kyle Finn Dempsey.

Jika Anda ingin mendapatkan banyak artikel-artikel menarik, silahkan klik artikel di bawah ini.

Gurita Bisnis George Bush, Eks Presiden Amerika Serikat.

Stan Lee, Legenda Komik Marvel

Irwan Mussry, Pemilik Time International