fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Kenapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Online?

Lucassen Salim | Mei 1, 2019
software akuntansi online

software akuntansi online

Rate this post

Jumlah pelaku UMKM di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya. Dilansir dari halaman Departemen Koperasi, di tahun 2018 setidaknya angka UMKM di Indonesia mencapai 62 juta Unit Usaha. Hal ini dinilai sangat baik dan menambah persaingan di kalangan para pebisnis. Di lihat dari sisi positifnya, para pelaku bisnis pun harus pintar untuk memutar otak dalam memberikan inovasi untuk membuat merk dagangnya lebih di kenal di kalangan masyarakat.

Contohnya di sektor makanan dan minuman, berbagai macam merk dagang yang hadir di Indonesia dengan nama-nama yang “nyeleneh” atau tidak biasa harus diciptakan agar lebih mudah diingat. Uniknya, nama-nama tersebut adalah salah satu senjata utama untuk mereka agar meningkatkan brand awareness. Saat nama tersebut dapat menarik pelanggan untuk datang, berikutnya rasa dari makanan/minuman tersebutlah yang menentukan apakah retensi pelanggan akan tercipta.

Banyak pertanyaan muncul ketika wajah dari bisnis tersebut sudah baik, dengan pemasaran yang bagus, packaging yang menarik, nama produk yang bisa mengundang para pelanggan untuk datang dan mencoba. Setelah semuanya dirasa sudah baik, apa lagi yang harus diperhatikan? Jika kalian belum menjalani, bahkan belum mengetahui, jawabannya adalah akuntansi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Software Akuntansi Gratis Terbaik Buat Pebisnis

Tidak sedikit dari pelaku UMKM yang belum mengerti pentingnya akuntansi bagi bisnisnya. Mereka hanya mementingkan untung dan rugi dari perusahaan tersebut, tanpa tahu perhitungan detail dari pemasukannya. Biasanya para pelaku UMKM hanya fokus terhadap pemasaran, produk, dan penentuan harga jual. Padahal yang tidak kalah pentingnya adalah rincian biaya dan arus keluar masuk uang di usahanya tersebut. Yang diketahui hanya sekedar, jika berhasil menjual berarti untung, jika tidak menjual berarti rugi. Namun jika ditanya soal piutang yang tak tertagih, seberapa besar kerugiaannya, berapa banyak persediaan yang tidak dapat terjual, apakah gaji karyawan sudah cukup sesuai dengan pendapatan perusahaan? Mungkin jawaban mereka hanya berdasarkan asumsi.

Alasan lain dari ketidakpedulian mereka terhadap akuntansi adalah “Accounting is Complicated”. Mereka tidak mau mempelajari dan pelit untuk mengeluarkan uang untuk membayar karyawan di bidang akuntansi. Alasannya? Belum butuh. Padahal, dengan menerapkan akuntansi dalam usahanya, akan memudahkan dalam melakukan evaluasi bisnis dan menghindari hal-hal yang dapat merugikan perusahaan. Namun kembali kepada alasan, mereka merasa biaya yang dikeluarkan untuk sistem akuntansi tersebut cukup besar dengan proses yang sangat ribet. Jika mereka tidak mengerti tentang akuntansi, maka harus merekrut tenaga ahli dan itu membutuhkan biaya yang cukup besar. Kalaupun para pelaku UMKM mengerti tentang akuntansi, pastinya akan menyita waktu mereka untuk menyusun laporan dan berbagai rincian arus kas. Hal ini yang membuat para pemilik usaha tidak menerapkan sistem akuntansi dalam usahanya dan lebih fokus kepada objektif untuk meningkatkan untung.

Untuk menyadarkan para pelaku usaha agar melek terhadap akuntansi, maka lahirlah sebuah solusi software akuntansi online. Software akuntasi ini adalah sebuah program yang dapat membantu para pelaku bisnis untuk menyusun arus kas dan menghitung pemasukan-pengeluaran secara praktis tanpa harus mengerti tentang akuntansi. Untuk dunia UMKM sendiri pun tidak harus menggunakan sistem akuntansi yang rumit, dan tidak harus merekrut tenaga ahli akuntansi. Software akuntansi online adalah solusi yang paling tepat bagi para pelaku UMKM untuk meringankan pekerjaan mereka dalam dunia pembukuan. Data yang dihasilkan pun sangat mudah dipahami, dan pastinya bisa menjadi pedoman bagi para pelaku usaha untuk mengambil langkah yang tepat untuk ke depannya.

Dan kenapa harus software akuntansi online?

  1. Dapat mengotomatiskan pembukuan
  2. Dapat membantu perhitungan pajak
  3. Menyediakan digital invoice
  4. Mengawasi arus kas
  5. Menyimpan data transaksi perusahaan dengan aman

 

Dengan menggunakan software akuntansi online, maka para pemilik UMKM dapat mengevaluasi hasil kinerja dengan data-data yang terlampir software akuntansi tersebut. Disamping mengetahui rincian keluar masuknya uang, mereka pun mempunyai daya saing tinggi dan mungkin meninggalkan para pesaing yang belum sadar dengan pentingnya akuntansi. Jika tidak diterapkan secepat mungkin, maka para pelaku UMKM tersebut mungkin saja akan keluar dari persaingan, karena besar keuntungan dan kerugian perusahaannya tidak tercatat dengan struktur yang benar. Maka, gunakan software akuntansi online mulai dari sekarang agar usahamu mempunyai pembukuan yang lebih rapi dan memiliki daya saing yang lebih tinggi.

Satu tanggapan untuk “Kenapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Online?”

  1. […] Baca Juga: Kenapa UMKM Harus Menggunakan Software Akuntansi Online? […]

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *