Tingginya tingkat transaksi online mendorong munculnya beragam sistem pembayaran online di dunia. Hal ini tercermin dari data yang dirilis oleh owl practice dimana, banyak orang lebih memilih untuk menggunakan kartu kredit.

Selain kartu kredit, masih banyak jenis pembayaran online lainnya yang juga digunakan oleh orang lain dan dipengaruhi oleh kemajuan teknologi dengan lahirnya sejumlah tekfin yang membuat aplikasi pembayaran digital.

Dari sekian banyak jenis pembayaran online yang ada, ada 3 jenis sistem pembayaran online yang sering digunakan oleh orang karena tingkat keamanan yang terjamin dan juga aksesbilitas yang mudah dan berikut penjelasannya.

Baca juga: Bergesernya tren transaksi pembayaran di industri 4.0 

Bergesernya Tren Transaksi Pembayaran di Industri 4.0

Pembayaran kini menjadi semakin mudah dengan adanya beragam metode pembayaran online.

Transfer bank

Metode pembayaran online pertama yang paling sering digunakan adalah transfer bank. Anda bisa melakukannya melalui mobile banking, internet banking, dan ATM. Bisa dibilang, metode ini tergolong cara lama yang masih digunakan hingga sekarang.

Metode transfer via bank tidak tergerus oleh keberadaan alat pembayaran online karena mereka dinilai aman dan praktis untuk dilakukan. Selain itu, cara ini juga paling familiar dan dikenal oleh banyak orang dari berbagai kalangan di tanah air.

Kelebihan: Ada beberapa kelebihan yang bisa dirasakan seperti, keamanan. Transfer via ATM/online banking/mobile banking cenderung aman karena, Anda hanya tinggal memasukkan PIN saja. Kelebihan lainnya yang bisa Anda rasakan adalah, mudah untuk digunakan dan sudah terintegrasi dengan e-commerce sehingga, banyak orang lebih memilih transfer bank.

Kekurangan: Metode transfer bank tergolong ribet karena, Anda harus melakukan konfirmasi secara manual. Selain itu, Anda membutuhkan alat token bank untuk transfer dan jika lupa membawanya, Anda tidak bisa memproses transfernya.

Kartu kredit

Zaman sekarang, kartu kredit masih menjadi salah satu metode pembayaran online yang disukai banyak orang. Dengan kartu kredit, Anda bisa berbelanja apa saja baik di dalam maupun luar negeri. Selain itu, Anda juga tidak harus membayar barang belanjaan Anda.

Toko online dalam dan luar negeri juga memasukkan kartu kredit sebagai salah satu metode pembayaran sehingga, banyak orang menyukainya dan menggunakannya. Tentunya, hal ini bisa menjadi salah satu rekomendasi cara pembayaran yang perlu dimasukkan jika Anda berjualan via dunia maya.

Teknologi yang semakin maju membuat orang-orang mengembangkan kartu kredit dengan sistem yang telah terintegrasi dengan banyak hal. Hal ini mendorong banyak orang semakin menyukainya untuk metode pembayaran.

Kelebihan: Mudah untuk digunakan dan hampir semua toko baik dalam maupun luar negeri menyertakan kartu kredit sebagai alat pembayaran.

Kekurangan: Rentan untuk menjadi sasaran kriminalitas lewat pencurian data.

Baca juga: 5 alat pembayaran non tunai ternama di dunia, Go-pay dan OVO termasuk?

Paypal

Untuk bertransaksi di luar negeri, paypal menjadi sarana pembayaran yang telah populer sejak dulu. Paypal juga tergolong sebagai salah satu metode pembayaran selain kartu kredit yang disukai oleh banyak orang.

Mulai dari toko online besar hingga kecil juga menggunakan paypal. Ada juga beberapa toko lokal yang juga menggunakan paypal sebagai salah satu metode pembayaran yang bisa digunakan. Hal ini memudahkan orang-orang dalam bertransaksi.

Kelebihan: Paypal diklaim memiliki faktor keamanan yang baik serta gratis biaya pendaftaran. Selain itu, paypal juga booming di banyak negara.

Kekurangan: Tidak ada mata uang Rupiah sehingga, Anda harus menggunakan mata uang luar negeri seperti Dolar Amerika atau Euro.

Sistem pembayaran online yang semakin bervariasi semakin memudahkan orang-orang dalam bertransaksi. Selain itu, ada juga fitur-fitur yang tersedia dan bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan para pelaku usaha.

Jika Anda membutuhkan sistem pembayaran yang mudah untuk digunakan dan terintegrasi dengan sistem keuangan bisnis Anda maka, Anda bisa memilih Paper.id, sebuah platform Invoice, Accounting dan Inventaris.

Paper.id memiliki fitur Digital Payment yang dapat membantu sistem pembayaran agar lebih mudah dan sudah terintegrasi dengan fitur lainnya sehingga, kinerja Anda akan jauh lebih mudah tanpa kerja dua kali. Semua kemudahan ini bisa Anda dapatkan dengan gratis dengan mendaftarkan diri dibawah ini!