Sebagian pekerja memiliki cita-cita besar dalam hidupnya, yakni mendapatkan jabatan tinggi dan penghasilan di atas rata-rata agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Siapa sih yang gak mau hidup berkecukupan dan bisa melakukan apapun yang diinginkan? rasanya hal tersebut sangatlah lumrah bagi Anda.

Namun, ada juga yang memiliki keinginan untuk dapat pensiun dini, setidaknya sebelum usia mereka menginjak 40-an. Tetapi, jika Anda melakukan hal tersebut, pasti Anda akan merasa khawatir bagaimana cara membiayai hidup ke depannya apabila tidak bekerja? tak punya uang, kepada siapa Anda akan menggantungkan hidup?

Ketakutan dalam mengambil keputusan tersebut membuat Anda terjebak dalam dilema berkepanjangan. Pada akhirnya, Anda hanya akan berjalan di tempat tanpa mengetahui arah dan tujuan hidup sendiri. Padahal, kesempatan untuk pensiun dini itu sangat terbuka lebar apabila Anda mengikuti beberapa cara di bawah ini

Tabung untuk Masa Depan Agar Bisa Pensiun Dini!

Banyak orang enggan untuk menabung dengan alasan memiliki banyak pengeluaran. Padahal, setiap uang yang mereka keluarkan biasanya dihabiskan untuk memenuhi hasrat kebutuhan tersier atau kemewahan, seperti membeli smartphone baru, baju mahal atau makan di tempat fancy.

Memang sulit untuk membiasakan diri untuk menabung. Akan tetapi, jika Anda ingin pensiun muda, Anda harus mampu menahan setiap godaan yang ada. Setidaknya, Anda bisa menyisihkan uang makan setiap harinya. Atau yang lebih ekstrem lagi, berhenti untuk merokok dan alihkan uang tersebut untuk tabungan masa depan.

Gak melulu dalam bentuk uang, Anda juga bisa membuat tabungan dengan cara yang lain, seperti membelikan barang dalam bentuk emas atau juga tanah. Opsi kedua bisa dibilang lebih masuk akal karena harga tanah tidak pernah turun melainkan terus melesat ke angka yang lebih tinggi.

Alokasikan Dana Bulanan

Jika Anda ingin pensiun muda, alokasikan dana bulanan tergantung kebutuhan yang diinginkan. Jangan pernah memasukkan ‘biaya tidak terduga’ ke dalam list karena hal tersebut bisa membuat pengeluaran Anda semakin membengkak.

Hitunglah biaya makan per hari, uang untuk transportasi ke kantor dan masukkan sisanya ke dalam tabungan. Dengan pola seperti itu, Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Ingat, pengeluaran yang Anda keluarkan harus lebih sedikit dari penghasilan yang didapat.

Lunasi Hutang dan Hindari Cicilan

Bagaimana bisa Anda ingin pensiun dini tapi harus memikirkan tentang hutang yang masih tersisa? oleh karena itu, sebisa mungkin, Anda harus melunasi semua hutang ketika masih kerja. Selain hutang, Anda tidak diperbolehkan untuk melakukan cicilan dalam bentuk apapun, baik kendaraan maupun benda lainnya.

Sebab, sama seperti hutang, cicilan hanya akan membuat Anda pusing menanggung beban. Jadi, Anda juga harus menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan agar anda terbebas dari semua ‘tunggakan’. Setelah itu, Anda bisa mulai memikirkan masa depan yang lebih tenang. Dari pada menyicil barang lebih baik alihkan uang tersebut ke tabungan.

Pelit Terhadap Anak!

Biasanya, ketika Anda mengundurkan diri dari sebuah perusahaan, Anda akan mendapatkan biaya tunjangan atau biasa disebut sebagai pesangon. Jumlah uang yang didapatkan juga pastinya cukup banyak dan dapat memberikan kalian kesejahteraan dalam hidup di masa tua.

Namun biasanya, seorang anak ada yang meminta ‘jatah’ kepada orang tuanya tersebut sehingga membuat tabungan masa depan Anda berkurang. Jika mereka meminta, Anda harus mengambil sikap tegas untuk menolaknya. Berikan penjelasan jika uang tersebut akan digunakan untuk hal yang lebih berharga, seperti ditabungkan, diinvestasikan atau bahkan dibuatkan bisnis ukm.

Jika Anda berniat untuk membuka bisnis agar bisa pensiun dini, jangan lupa untuk menggunakan Paper.id. Dengan aplikasi invoice dari Paper.id, dijamin usaha Anda akan semakin berkembang.