Metode pembayaran semakin beragam berkat kemajuan teknologi. Hal ini juga diikuti dengan perubahan kebiasaan belanja orang Indonesia dari offline ke online sehingga, masyarakat cenderung menggunakan pembayaran digital.

Baca juga: Panduan memulai bisnis online untuk pemula

Kehadiran pembayaran online juga mengakomodasi kebutuhan pelaku usaha UKM dalam urusan pembayaran. Dengan begitu, mereka bisa memenuhi kebutuhan pelanggan akan metode pembayaran yang mereka inginkan. Diantara sejumlah sistem pembayaran yang ada, berikut 3 jenis metode pembayaran yang paling populer dan sering digunakan oleh UKM-UKM di Indonesia.

google_play_customer_io

Metode Cash on Delivery (COD)

Bagi yang suka berbelanja online, mereka pasti akrab dengan metode pembayaran Cash on Delivery atau COD. COD adalah cara pembayaran yang dilakukan oleh pembeli saat menerima barang di tempat. Biasanya, barang akan diantarkan oleh penjual atau kurir.

Metode COD masih akrab digunakan hingga sekarang dan banyak orang yang beranggapan jika ini aman. Namun, COD juga mengandung resiko yang bisa terjadi saat penjual tidak dapat menemui pembeli di tempat.

Misalnya, pembeli sedang bekerja dan hanya bisa pulang malam sedangkan barang telah diantar siang hari. Maka, barang bisa saja hilang atau dicuri orang. Untuk mengatasi hal ini, pelanggan akan melakukan konfirmasi mengenai tempat dan waktu kepada pembeli. Selain itu, beberapa e-commerce juga menerapkan kebijakan khusus untuk COD agar menghindari resiko kerugian yang dapat dirasakan baik oleh pembeli dan penjual.

Metode Pembayaran Transfer Bank

Hingga tahun 2019, metode transfer bank masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Alasan kenapa mereka masih menggunakannya adalah karena kebiasaan dan tingkat kepercayaan kepada transfer bank.

Pola pembayaran yang biasa dilakukan adalah, pelanggan akan melakukan pembayaran dengan datang ke mesin ATM. Setelah itu, mereka akan menyimpan bukti pembayarannya dan menunjukkannya kepada pembeli dengan memotretnya atau mengabarinya lewat pesan singkat atau aplikasi pesan.

Baca juga: Peran e wallet dalam mempermudah pembukuan UMKM

Transfer bank juga dapat dilakukan dengan 2 cara yakni SMS Banking dan Internet Banking. Dari keduanya, internet banking tergolong metode yang disukai dan masih relevan dengan zaman sekarang karena digunakan banyak orang.

Kartu Kredit

Kartu kredit menjadi salah satu metode pembayaran yang juga digunakan di Indonesia. Meski jumlah penggunanya yang masih sedikit, orang-orang menggunakan kartu kredit sebagai salah satu opsi pembelian di banyak tempat seperti marketplace luar negeri dan dalam negeri.

Untuk pembayaran luar negeri, ada VISA dan MasterCard. Tingkat penggunaan kartu kredit di Indonesia sendiri meningkat seiring dengan keberadaan pembayaran digital yang menjadi salah satu metode pembayaran yang digandrungi di Indonesia.

Metode ini juga diterapkan oleh sejumlah e-commerce serta UKM di Indonesia untuk memberikan banyak opsi bagi pelanggan untuk membayar.

Seiring dengan semakin populernya pembayaran digital, banyak pelaku UKM mulai menerapkannya untuk usaha mereka. Dengan begitu, pembayaran akan menjadi lebih praktis dan mudah dipantau. Jika Anda mencari sistem pembayaran digital yang aman dan mudah dilacak maka, PayPer adalah jawabannya.

PayPer adalah sebuah portal pembayaran dari Paper.id yang siap untuk membantu kelancaran usaha Anda. Dengan sistem histori pembayaran serta metode pembayaran yang praktis dan terhubung dengan invoice, Anda dan pelanggan Anda dapat merasakan kemudahan dalam pembayaran. Gunakan PayPer dan buat arus pembayaran usaha Anda lebih lancar.

(Visited 4 times, 1 visits today)