manfaat pembukuan - Paper.id

Banyak dari para pengusaha pemula pasti akan mengabaikan pembukuan. Sebab, menurut mereka, hal yang terpenting dalam berbisnis adalah mendapatkan penjualan sebanyak-banyaknya. Akan tetapi, jika keuntungan yang didapatkan tidak dicatat secara rapih, ada kemungkinan usaha yang Anda lakukan malah menderita kerugian. Kenapa? karena Anda tidak mengetahui berapa modal yang dikeluarkan sebelumnya untuk mendapatkan laba.

Semua jenis usaha pasti membutuhkan pencatatan keuangan. Oleh karena itu, manfaat pembukuan seharusnya bisa diterapkan baik itu, pengusaha kecil, besar ataupun UMKM. Bagi para pelaku UMKM khususnya, penggunaan pembukuan dapat memberikan mereka perbandingan data yang terjadi antara produk yang dibuat dengan produk yang dijual pada setiap periodenya.

Pembukuan harus terus dievaluasi dan diperbarui apabila ada pemasukkan atau pengeluaran yang dibuat oleh sebuah usaha. Sebab, keakuratan data dalam melakukan transaksi penjualan pastinya akan berawal dari hal ini. Lantas, apa lagi manfaat pembukuan untuk memajukan bisnis yang digalakkan oleh para UMKM di seluruh Indonesia?

1. Manfaat Pembukuan: Mendapatkan Investor

Investor - Paper.id

Investor – Paper.id

Manfaat pembukuan pertama yang jarang terpikirkan oleh para pelaku UMKM adalah untuk menjaring investor potensial. Seorang investor sangat berhasrat untuk ‘menanam’ uang di usaha Anda apabila Anda memiliki pencatatan keuangan yang jelas. Bukan hanya mengenai pemasukkan akan tetapi jumlah pengeluaran, stok barang dan berapa banyak produk yang terjual dalam setiap periodenya.

Untuk mengetahui hal itu semua, pelaku UMKM pastinya harus membuat sebuah pembukuan yang profesional. Keberadaan pembukuan juga akan membuat usaha anda terlihat lebih profesional sehingga para investor tidak ragu untuk memberikan uangnya kepada Anda. Semakin banyak produk yang dijual akan berbanding lurus dengan kedatangan investor yang siap mengucurkan dana hingga miliaran rupiah.

2. Pengambilan Kebijakan di Masa Depan

Bisnis di masa depan

Bisnis di masa depan

Pembukuan mencatat seluruh pemasukkan dan pengeluaran sebuah usaha. Di dalamnya, tercatat secara lengkap seluruh data bahkan hingga tanggal, pajak hingga biaya ongkos yang dikeluarkan. Karena tertera secara rinci, pembukuan bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara jitu untuk mengambil kebijakan di masa depan. Sebab, seluruh data faktual dan dapat dibuktikan dengan kesamaan jumlah nominal uang yang dimiliki usaha itu sendiri.

Jika tengah berada di dalam tren penjualan yang bagus dan hal itu juga tertera di dalam pembukuan, tidak ada salahnya buat Anda untuk melakukan ekspansi bisnis. Salah satu caranya adalah dengan memperbesar wilayah jual dan juga memperbanyak produksi barang. Namun, sebelumnya, Anda harus meriset dulu produk apa yang paing diminati oleh pasar, tergantung penjualan sebelumnya yang tercatat di pembukuan.

3. Akurat dalam Melaporkan Pajak

Perbedaan Pajak dan Retribusi

Perbedaan Pajak dan Retribusi

Pembukuan bisnis yang rapih juga akan membuat para pelaku UMKM tidak sulit dalam melaporkan tagihan pajaknya di setiap tahun. Validitas data keuangan yang tercatat di dalam pembukuan juga akan memberikan kemudahan bagi para pelaku UMKM dalam menghitung jumlah pajaknya sehingga tidak ada pihak yang dirugikan atas pembayaran ini.

Apabila seorang pelaku UMKM belum membuat catatan pembukuan dengan baik, mereka pasti akan pusing untuk berurusan ke kantor pajak. Hal itu tentunya amat memakan waktu. Akibatnya, fokus seorang pebisnis dalam melakukan menjalankan usahanya akan terbelah. Jika sudah seperti ini, siapa yang seharusnya disalahkan?

Pembukuan bisnis memang merupakan hal yang sangat vital. Oleh karena itu, seorang pelaku usaha harus bisa mencari sebuah perangkat yang mampu mempermudahnya dalam melakukan tugas tersebut. Kenapa tidak mencoba Paper.id? sebab, software invoicing #1 di Indonesia memiliki pembukuan yang terdapat di dalam fitur akunting yang akurat. Tak perlu takut kesulitan karena Paper.id sudah didesain agar mudah digunakan oleh pebisnis yang tidak bisa akunting sama sekali.

Gratis dan memudahkan pelaku usaha, kenapa masih pilih cara manual dalam mengatur bisnis Anda?

 

(Visited 9 times, 1 visits today)