Dalam pembukuan, ada 2 jenis jurnal yang kita ketahui, jurnal khusus akuntansi dan jurnal umum. Baik jurnal umum maupun khusus berbeda dan memiliki fungsinya masing-masing. Jurnal umum merupakan jurnal yang dibuat untuk mencatat semua transaksi keuangan yang terjadi secara berurutan, sedangkan jurnal khusus merupakan jurnal yang dibuat untuk mencatat transaksi-transaksi tertentu yang ada dalam sebuah perusahaan.

Dalam hal ini, jurnal khusus dikhususkan untuk perusahaan-perusahaan besar untuk mencatat hal-hal yang khususnya.  Lewat artikel ini, kamu akan mengetahui mengenai manfaat dan juga jenis-jenis dari jurnal khusus itu sendiri dan berikut informasinya.

Baca juga: Membuat catatan jurnal penyesuaian perusahaan dagang

Jenis-jenis jurnal khusus akuntansi

Jurnal khusus sendiri terbagi kedalam 4 jenis. Setiap jurnal memiliki fungsinya sendiri dan terhubung dengan aspek-aspek penting dalam perusahaan. Berikut, 4 jenis jurnal tersebut:

  • Jurnal Khusus Pembelian
    Pertama, ada jurnal khusus pembelian yakni, jurnal khusus yang dibuat khusus untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian barang yang terjadi dalam sebuah perusahaan. Jurnal ini juga disebut sebagai buku pembelian. Selain itu, jurnal ini juga mencatat pembelian-pembelian yang dilakukan secara kredit.
  • Jurnal Khusus Penjualan
    Jika ada jurnal khusus pembelian maka, ada jurnal khusus penjualan. Fungsinya yakni untuk mencatat penjualan apa saja yang terjadi dalam perusahaan. Sama dengan jurnal khusus pembelian, jurnal khusus penjualan hanya mencatat penjualan yang dilakukan secara kredit.
  • Jurnal Khusus Penerimaan Kas
    Jurnal ini merupakan buku harian khusus yang digunakan untuk mencatat semua penerimaan tunai baik berupa cek atau kas. Buku ini juga dikenal sebagai buku kas masuk dimana, buku ini mencatat semua transaksi yang masuk mulai dari penerimaan piutang, penerimaan uang dari penjualan tunai, dll.
  • Jurnal Khusus Pengeluaran Kas
    Terakhir, ada jurnal khusus untuk pengeluaran kas dimana, buku ini berfungsi untuk mencatat semua transaksi pembayaran tunai yang terjadi baik yang menggunakan cek maupun kas.

Baca juga: Contoh laporan keuangan perusahaan dagang terlengkap

Perbedaan jurnal umum dan jurnal khusus akuntansi

Seperti yang telah dijelaskan diatas, ada jurnal umum dan khusus dimana, setiap jenis jurnal memiliki ciri khas masing-masing.  Jika  dilihat, baik jurnal khusus maupun umum memiliki perbedaannya masing-masing dan berikut perbedaannya:

  • Bentuk
    Jurnal umum dan khusus memiliki bentuk yang berbeda. Jurnal umum bentuknya lebih sederhana karena hanya terdiri dari kolom tanggal, debet, dan kredit. Untuk khusus, bentuknya berbeda-beda tergantung kebutuhan. Biasanya, pengelompokkannya didasarkan kepada kelompok transaksi sejenis.
  • Pencatatan
    Untuk pencatatan, setiap transaksi yang ada berbeda-beda untuk jenisnya. Untuk jurnal umum, pencatatannya sendiri berdasarkan transaksi yang ada dan dicatat sesuai dengan kronologis atau berurutan. Sementara itu, jurnal khusus biasanya berbeda karena, hanya transaksi sejenis yang dicatat
  • Penggunaan
    Penggunaan jurnal umum dan khusus sangat berbeda. Jurnal umum biasanya digunakan oleh perusahaan jasa atau dagang berskala kecil karena, transaksinya tidak begitu banyak. Jurnal khusus digunakan di perusahaan-perusahaan besar karena, banyak transaksi yang terjadi secara berulang-berulang. Hal itu membutuhkan Teknik pencatatan secara khusus.
  • Tingkat kesulitan
    Jurnal umum memiliki tingkat kesulitan yang lebih kompleks karena membutuhkan logika yang bagus untuk akun debit dan kredit. Kesalahan dalam pembuatan laporan bisa berakibat fatal karena akan mengakibatkan laporan. Jika ada kesalahan maka, akan berdampak pada laporan selanjutnya. Jika jurnal umum lebih sulit maka, jurnal khusus lebih mudah untuk digunakan karena, lebih sederhana dan mudah dipahami sehingga, bisa dikerjakan dengan mudah tanpa perlu memahami logika pada mekanisme akun debit kredit.

Setelah mengetahui tentang jurnal khusus di atas, tentunya, kalian bisa paham mengenai jenis-jenis dan juga ciri-ciri yang ada. Untuk membuat sebuah laporan keuangan, memang dibutuhkan ketelitian dalam menyusun laporan tersebut. Paper.id memberikan kemudahan bagi semua orang dalam menyusun laporan keuangan. Selain itu, kamu juga bisa merasakan fitur lainnya seperti fitur pembuatan invoice yang praktis, pencatatan beban, dan lainnya. Rasakan kemudahannya dengan mendaftarkan diri kamu dibawah ini.

 

Daniel Nugraha