Bukti transaksi keuangan menjadi sebuah hal yang tidak dipisahkan dari sebuah transaksi ekonomi. Barang ini akan selalu kita terima saat transaksi telah usai. Selain itu, fungsinya juga sangat penting untuk pencatatan keuangan.

Nantinya, bukti transaksi akan digunakan sebagai data untuk mencatat laporan keuangan dimana, fungsinya sangat esensial bagi sebuah perusahaan baik dari skala kecil hingga besar. Laporan keuangan berfungsi untuk mengetahui kondisi keuangan dari sebuah perusahaan. Hal ini wajib dibuat setiap bulannya.

Karena itu, bukti transaksi keuangan menjadi suatu hal yang tidak boleh dilewatkan karena, hal itu menjadi data penting untuk pencatatan yang sah. Seberapa pentingkah bukti transaksi untuk pencatatan laporan keuangan?

Baca juga: Contoh surat tagihan invoice dan penjelasannya

Faktor pentingnya bukti transaksi keuangan

Bukti transaksi keuangan yang didapatkan atau dikeluarkan bisa menjadi elemen yang kita gunakan untuk mencatat laporan keuangan. Adanya bukti transaksi membantu setiap orang dalam mencatat laporan mulai dari keterangan sifat dari transaksi tersebut. Sebuah transaksi biasanya bermacam-macam, mulai dari pembayaran hutang, penerimaan, dll. Untuk itu, bukti transaksi bisa membantu kamu dalam melihat sifat dari transaksi tersebut dan pengorganisasian catatan akan menjadi lebih mudah dan efisien.

Selanjutnya, ada hal yang biasanya menjadi pokok dari transaksi tersebut, barang atau jasa. Bukti transaksi keuangan memang mencatat transaksi keuangan yang terjadi antara pembeli dan penjual. Biasanya, di kertas tersebut akan tertulis jenis barang/jasa yang diperjualbelikan dalam kertas tersebut. Setelah itu, kamu akan tahu jenis barang yang telah keluar dan berapa besar keuntungan atau uang yang harus kamu bayarkan dari transaksi tersebut.

Terakhir, ada informasi tambahan seperti tanggal dan pihak-pihak yang terlibat dalam transaksi tersebut. Lewat pencatatan data, kamu bisa tahu soal kapan transaksi itu terjadi. Bukan itu saja, kamu juga akan tahu siapa saja yang terlibat dalam transaksi tersebut. Biasanya, hal ini mencatat pembeli dan penjual yang ada dalam transaksi tersebut.

Dengan mengetahui informasi ini, kamu bisa tahu betapa pentingnya bukti transaksi keuangan. Untuk itu, bukti transaksi menjadi hal penting yang tidak boleh hilang mengingat, hal itu merekam segala macam transaksi keuangan yang terjadi sehingga, mereka bisa mencatat berbagai macam transaksi yang terjadi dalam kurun waktu tertentu.

Baca juga: Contoh surat penawaran barang (dan cara meyakinkan pemilik usaha)

Keuntungan menggunakan bukti transaksi keuangan digital

Seiring dengan berkembangnya zaman, bukti transaksi keuangan kini sudah beralih menjadi digital. Ada banyak software akuntansi yang menyediakan bukti transaksi berbentuk digital sehingga, memudahkan setiap penggunanya untuk mencatat transaksi yang terjadi. Ada banyak keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan bukti transaksi digital. Karena bersifat digital, bukti transaksi yang ada tidak berbentuk kertas dan bisa disimpan dalam perangkat yang kamu miliki seperti, PC, Laptop atau smartphone. Selain itu, bukti transaksi tersebut tidak mudah rusak karena tidak terbuat dari kertas atau medium cetak lainnya.

Karena kemudahannya, bukti transaksi digital kini sangat diminati dan digunakan banyak orang dalam berbagai macam transaksi. Jika kamu seorang pelaku bisnis, bukti transaksi digital bisa menjadi salah satu elemen penunjang bisnis kamu. Hal ini dapat memangkas ongkos operasional dan membuat kegiatan operasional perusahaan atau usaha yang kamu miliki menjadi lebih efektif dan efisien. Hal ini dapat kamu rasakan dengan menggunakan software akuntansi GRATIS dari Paper.id. Paper.id menyediakan fitur pembuatan invoice dengan mudah dan cepat. Selain itu, kamu bisa membuatnya dimanapun dan kapanpun. Rasakan keuntungannya dan kemudahannya dengan menggunakan software dari Paper.id, gunakan sekarang!

google_play_customer_io
Daniel Nugraha