Buat Orang Lain (Jadi) Lebih Mudah

Alwin | January 8, 2018

Di era serba digital saat ini, kebutuhan yang dulu harus dikerjakan secara offline berubah menjadi serba online. Mulai dari helm dan jaket hijau yang setia menyelesaikan masalah kemacetan. Sampai masalah kompleks seperti keuangan/finansial yang sudah akurat dan selalu on-time.

Kita dengan mudah mengenal Facebook dengan simbol F di dalam kotak biru gelap. Namun jika kita tahu, Facebook dimulai dari permintaan teman Mark untuk memberikan “tanda-tanda” mengenai hal pribadi di seorang gadis yang dia sukai. Atau siapa yang tidak mengenal Google? Mesin pencarian sejuta umat karya Larry Page & Sergey Brin yang mulai membuat Google karena ingin mengembangkan teori sebuah mesin pencari yang dapat dibuat berdasarkan analisis matematika hubungan antara situs-situs web.

Hal ini juga terjadi pada kakak beradik pendiri stripe.com yaitu Patrick dan John Collison. Pada awalnya, Patrick Collison yang sedang membuat proyek selalu mengeluh karena susah untuk menerima pembayaran melalui internet. Pengalaman buruk inilah yang menjadi sebuah ide bisnis (digital) yang cemerlang, dengan analisa pasar yang tepat dia membuat Stripe.com menjadi payment gateway untuk seluruh pengguna yang tersebar di penjuru dunia.

Sebagian besar penggunanya saat ini berasal dari e-commerce dan website-website yang terkenal di dunia. Mulanya mereka berdua tidak sepenuhnya yakin dengan pasar yang dituju. Pertama, mereka bekerja sama dengan sebuah perusahaan payment. Namun mereka sadar bahwa satu-satunya jalan untuk mengontrol kemudahan dengan mengontrol seluruh aspek perusahaannya sendiri.

Stripe

Akhirnya mereka mengerjakan seluruh kegiatan bisnis stripe.com secara berdua, dari segi marketing sampai segi pembuatan aplikasi. Mereka melakukan kegiatan-kegiatan tersebut berdua selama berbulan-bulan. John Collison lahir di Limerick, County Limerick, Irlandia pada 6 Agustus 1990.

Sedangkan sang kakak, Patrick lahir di tempat yang sama dengan sang adik pada 9 September 1988. John (sang adik) berkuliah di Universitas Harvard dan Patrick berkuliah di M.I.T (Massachusetts Institute of Technology). Namun mereka tidak bertahan lama di kedua universitas tersebut. Mereka memilih untuk mengembangkan “Shuppa” (yang berarti “toko” dalam Bahasa Indonesia) di Limerick yang merupakan kota asal mereka.

Shuppa akhirnya bergabung dengan Automatic. Automatic sendiri adalah perusahaan perangkat lunak yang membuat alat untuk eBay. Pada 2008, mereka menjual Automatic kepada sebuah perusahaan yang berlokasi di Kanada.

Stripe.com didirikan pada tahun 2009 dan mulai dipublikasikan pada tahun 2011 di bulan September. Dengan pengguna utamanya berasal dari berbagai macam sektor, mulai dari sektor e-commerce hingga organisasi non-profits seperti UNICEF. Raksasa besar seperti Facebook juga pernah menggunakan service mereka.

Sebuah ide bisnis yang membuat Collison bersaudara menjadi Milyarder Muda dari Irlandia, dengan total nilai kekayaan berjumlah USD 2,2 Milyar (atau Rp. 29,4 Triliun).

“Ini bukan sebuah sistem pembayaran biasa. Ini lebih luas lagi karena saat Anda memberi orang sarana dan prasarana yang lebih baik dan lebih kuat, Anda mengubah apa yang mungkin untuk dibangun.” – Collison bersaudara.

Penuh dengan perjuangan dan pengorbanan demi menggapai apa yang mereka ingin yakni menghilangkan kecurangan dalam pembayaran dan juga pembayaran digital untuk warga non Amerika dengan cara yang lebih mudah.

Begitu juga dengan kami (Paper.id) yang selalu senantiasa menghadirkan orang lain sarana untuk pembayaran invoice, perekapan invoice tagihan sampai pelaporan invoice tagihan secara lebih mudah dan on-time. Untuk sistem pembayaran kini sendiri, saat ini kami sudah terintegrasi dengan payment gateway milik Veritrans.

Maka rekonsilasi akan terjadi otomatis tanpa Anda harus khawatir dana tidak masuk. Kami juga menjamin keamanan uang customer dalam menggunakan metode pembayaran Veritrans. Jadi? BUAT ORANG LAIN (JADI) LEBIH MUDAH 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *