Dalam era digital seperti saat ini, metode pembayaran konvensional seperti uang tunai dan cek mulai ditinggalkan, dan e payment menjadi semakin populer. Sistem pembayaran elektronik ini membantu UMKM untuk memperluas jangkauan bisnis mereka.

Terbukti, menurut survei yang dilakukan Pricewaterhousecoopers (PwC) mengenai Global Consumer Insights, 47% responden yang berasal dari Indonesia telah menggunakan pembayaran elektronik untuk transaksi pada tahun 2019.

Angka tersebut naik dari data tahun sebelumnya yang hanya 38% dan diprediksi akan terus naik mengingat. Hal ini dipengaruhi akan kemudahan pembayaran yang bisa dilakukan konsumen dimana saja dan kapan saja saat mereka berbelanja.

Oleh karena itu, memang seberapa penting sih e payment bagi kemajuan UMKM? Berikut ini ada alasan kenapa e payment penting untuk UMKM dan solusi serta manfaat apa saja yang ditawarkan? Simak penjelasannya di bawah.

Kenapa E Payment Penting untuk UMKM?

Contoh Layanan Pembayaran Online yang Tersedia di Indonesia
Contoh Layanan Pembayaran Online yang Tersedia di Indonesia (Photo by Mayar Blog)

Saat ini, transaksi jual beli semakin mudah dilakukan, baik untuk memesan makanan atau membeli barang, semuanya bisa dilakukan melalui aplikasi dengan mudah. Pembayaran pun semakin terbantu dengan hanya memanfaatkan perangkat mobile seperti HP.

Kemudahan menjadi alasan utama kenapa orang-orang berpindah ke e payment. Hal ini juga dimanfaatkan oleh pelaku UMKM untuk menambahkan sistem pembayaran mereka dan bisa menjaring lebih banyak konsumen.

Sebagaimana menurut Deloitte, alasan UMKM harus menerapkan pembayaran elektronik adalah karena permintaan konsumen yang meningkat dan tingginya penggunaan e-payment yang membuat pelaku usaha menyadari pentingnya mengadopsi sistem tersebut.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa mendapatkan konsumen lebih banyak tanpa perlu melakukan promosi, mengurangi ongkos operasional, dan berpeluang untuk mendapatkan pemasukan yang lebih tinggi.

Hal tersebut dibuktikan lewat survei yang dilakukan oleh Paxel Buy & send pada tahun 2019, sekitar 83% dari total 535 responden lebih memilih untuk melakukan penjualan secara online dibandingkan offline karena mampu mendapatkan keuntungan lebih besar.
Semakin berkembangnya e-commerce dan toko online di Indonesia dapat meningkatkan jumlah pelaku usaha di ranah online. Lantas, apakah kamu masih tetap ngotot untuk berjualan secara offline atau akan beralih ke online?

Baca juga: Ini 5 Jenis Digital Payment yang Populer di Indonesia untuk Bisnis

Solusi dan Manfaat yang Ditawarkan E Payment

Metode Pembayaran E-Commerce Dibagi Berdasarkan Nilai
Metode Pembayaran E-Commerce Dibagi Berdasarkan Nilai (Sumber: Tertera)

Ada banyak solusi dan manfaat yang dapat dirasakan oleh pelaku usaha setelah menggunakan e payment untuk usaha mereka. Antara lain:

Solusi

Sistem pembayaran elektronik membantu pemilik usaha untuk memperluas pilihan cara pembayaran yang tersedia, seperti Virtual account atau kartu kredit. Selain itu, fitur integrasi menjadi fitur utama yang dimiliki oleh pembayaran elektronik dan dapat membantu pelaku usaha menghubungkan data dengan pembukuan mereka.

Manfaat

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan seperti berikut:

  • Sederhana

Sistem pembayaran menjadi lebih sederhana karena hanya melalui satu pintu, yaitu e-payment sehingga proses pembayaran menjadi lebih simpel.

  • Lebih aman

Pembayaran elektronik telah dibangun dengan kecanggihan teknologi yang lebih berkembang sehingga membuat sistem keamanan lebih tinggi dan mencegah adanya kebocoran data atau pencurian uang.

  • Fleksibilitas

Pelanggan bisa lebih bebas atau fleksibel dalam memilih model pembayaran yang diinginkan dan pelaku usaha juga bisa dengan lebih mudah dalam mengatur hal itu.

Nah, itu dia kenapa e payment penting untuk kemajuan UMKM. Lewat manfaat dan solusi yang ditawarkan, sudah seharusnya para pelaku UMKM berpindah ke sistem pembayaran elektronik sebagai alat pembayaran utama untuk bisnis mereka.

Baca juga: Tunai vs. Pembayaran Digital: Kenapa Digital Payment Lebih Baik?

Berdasarkan hal ini, Paper.id menyediakan solusi terima pembayaran dengan digital payment lebih cepat tanpa perlu cek manual. Pelanggan dapat langsung membayar invoice tagihan kamu dengan berbagai pilihan, seperti transfer antar bank atau kartu kredit.

Paper.id bisa dimanfaatkan sebagai wadah pembayaran untuk pelaku UMKM yang menginginkan sistem pembayaran menjadi lebih aman, mudah dan terhubung dengan invoice, accounting dan inventaris.

Semuanya menjadi lebih mudah hanya lewat satu klik saja. Gunakan sekarang dan daftarkan usaha kamu dengan klik tombol di bawah ini.

Muhamad Dika Wahyudi