Kemajuan teknologi semakin kencang. Untuk tetap bertahan dalam persaingan, para pelaku usaha harus bisa melihat tren yang ada. Dengan begitu, mereka bisa tahu tentang tren yang akan berlaku di tahun mendatang.

Dari sekian banyak prediksi yang ada, berikut 5 kejadian yang akan terjadi di tahun 2020. Kelima kejadian itu diprediksi akan memberikan damak besar terhadap dunia bisnis terutama bagi perubahan model kerja serta munculnya bisnis-bisnis baru.

Kerja di rumah

Menurut sejumlah ahli, tren kerja di rumah akan menjadi hal yang lumrah di tahun 2020. Manajer atau bos yang awalnya tidak setuju dengan kerja remote akan beralih menerapkan kebijakan itu karena mendatangkan banyak manfaat.

Baca juga: 4 jenis pasar yang perlu diketahui sebelum memulai bisnis

Berdasarkan riset yang digagas oleh Profesor Nicholas Bloom dari Universitas Stanford pada tahun 2017, kerja remote dapat meningkatkan produktivitas karyawan sama halnya dengan karyawan yang bekerja di kantor. Selain itu, riset yang sama juga menunjukkan kalau kerja remote menurunkan resiko karyawan keluar sebanyak 50%.

Untuk itu, hal ini diprediksi akan menjadi sebuah kebijakan baru yang lebih banyak digunakan oleh perusahaan terutama bagi pelaku UMKM guna memangkas dana operasional perusahaan.

Kemajuan teknologi pada sosial media marketing

Sosial media sebagai salah satu instrumen pemasaran diprediksi akan semakin canggih. Selain itu, muncul prediksi mengenai sejumlah hal-hal penting yang akan berpengaruh pada dunia maya seperti dilansir dari Forbes berikut:

  • Instagram resmi menghapus fitur Likes
    Hingga saat ini, Instagram masih melakukan uji coba akan penghapusan fitur likes. Dengan begitu, fitur Instagram Ads akan lebih banyak digunakan oleh orang-orang.
  • Pengaruh Google di sosial media
    Pada April 2019, G+ resmi ditutup. Di tahun 2020, Google diprediksi akan meningkatkan mesin pencariannya agar bisa bekerja lebih maksimal dalam menilai seberapa besar pengaruh seseorang di sosial media. Hal ini telat terlihat lewat patent 9632972 sebagai tolok ukur untuk menilai peran seseorang di sosmed.
  • Pengaruh website social bookmark akan membesar
    Instrumen besar seperti Facebook, Instagram, dan Linkedin akan diganggu oleh kemunculan sejumlah situs social bookmark seperti Reddit, Quora dan Twitter yang diprediksi akan memiliki pengaruh yang lebih besar di tahun 2020.
  • Sosial sharing tools akan digratiskan
    Google berencana akan menggratiskan sejumlah social sharing tools kepada para penggunanya, dengan harapan agar lebih banyak digunakan oleh orang. Dengan begitu, baik user maupun Google akan sama-sama mendapatkan untung dari sini.

Freelance akan berkembang pesat

Kemajuan teknologi membawa pengaruh yang besar terhadap berbagai macam lini usaha termasuk freelance. Bisnis yang bergerak di bidang jasa tersebut akan mendapatkan angin segar karena, tahun 2020 diprediksi akan membuat lahan pekerja lepas akan semakin luas. Peluang akan semakin banyak dan diikuti oleh kemudahan dalam mencari klien.

Baca juga: Panduan memulai bisnis online untuk pemula

Selain itu, sejumlah ahli di bidangnya akan lebih memilih menjadi pekerja lepas karena waktu yang lebih bebas serta tarif harga yang lebih tinggi. Dari segi perusahaan, mereka akan lebih suka untuk mencari jasa freelance karena bisa didapatkan dari mana saja dengan mengabaikan faktor geografis.

5G dan Komputasi awan

2 teknologi besar yang mulai diterapkan di tahun 2020 adalah 5G dan komputasi awan atau cloud computing. Teknologi 5G akan meningkatkan konektivitas antar setiap orang menjadi lebih dekat dan mudah.

Selain itu, cloud computing akan membuat data penyimpanan semakin besar. Kedua teknologi tersebut akan menjadi 2 hal penting yang akan dipakai oleh setiap perusahaan dari kecil hingga besar untuk mereka sendiri.

Software otomatisasi

Di tahun 2020, evolusi dari AI akan membuat software semakin canggih dan mudah dijangkau oleh semua kalangan pebisnis terutama bagi mereka yang berasal dari UMKM. Hal ini memunculkan berbagai macam software baru untuk beberapa jenis seperti email marketing, human resource, dan akuntansi.

Penggunaan software otomatisasi membawa banyak manfaat terutama dalam penggunaan dana yang lebih efektif, minimalisir kesalahan dan masalah lainnya yang berpotensi untuk timbul di waktu yang akan datang.

Hal ini membawa banyak manfaat kemajuan teknologi terutama bagi pengelolaan keuangan yang lebih efektif. Untuk itu, perusahaan bisa mengandalkan penggunaan software keuangan terutama dengan menggunakan Paper.id, platform bisnis #1 untuk keperluan bisnis Anda. Buat bisnis Anda jauh lebih efektif dan efisien dengan Paper.id. Mulai fitur invoice, inventaris dan accounting serta PayPer untuk keperluan pembayaran yang aman dan terjamin. Klik disini untuk mendapatkan Paper.id secara GRATIS!

Daniel Nugraha