Aplikasi Keuangan– Mengelola keuangan, mengatur anggaran harian hingga melakukan investasi bukanlah hal yang susah saat ini. Terima kasih kepada teknologi, saat ini kamu bisa menyelesaikan semua aktivitas tersebut hanya melalui aplikasi di smartphone kamu!

Masalahnya, apakah semua aplikasi keuangan itu bagus untuk kamu? Di bawah ini, Paper.id akan menjelaskan beberapa aplikasi pengelola keuangan yang bisa memudahkan seluruh kegiatan kamu tanpa perlu menyesal setelah mendownload-nya.

Mint

Aplikasi Keuangan

Aplikasi pengelolaan keuangan pertama yang bisa membantu aktivitas kamu adalah Mint. Software yang berada di satu ‘atap’ dengan QuickBooks dan TurboTax ini biasanya digunakan untuk melakukan budgeting, melacak pengeluaran hingga mengelola keuangan pribadi secara keseluruhan.

Agar Mint bisa berjalan dengan sempurna, kamu diharuskan untuk mencatat semua pemasukkan dan pengeluaran perminggu ataupun perbulan. Dengan begitu, Mint nanti akan memberikan nasihat tentang apa yang harus dilakukan agar pengelolaan keuangan menjadi lebih baik dari sebelumnya.

Hebatnya lagi, Mint bisa memberikan kamu peringatan apabila pengeluaran yang kamu telah lakukan melebihi ambang batas wajar pendapatan. Aplikasi ini bisa kamu dapatkan di Appstore dan Playstore.

You Need A Budget (YNAB)

YNAB

Suka berhutang dan kerap dikejar-kejar oleh debt collector? You Need A Budget (YNAB) akan menjadi aplikasi keuangan yang cocok untuk kamu. Sebab, aplikasi ini bisa membantu kamu untuk lunas dari hutang dengan cara membayarnya berdasarkan gaji bulanan yang kamu dapatkan, bukan dengan membuat hutang baru.

YNAB merupakan sebuah aplikasi yang membuat kamu hidup berdasarkan gaji atau jumlah uang yang punyai. Sehingga, kamu tidak perlu untuk berhutang demi gaya hidup berlebihan yang biasa terjadi saat ini.

Secara umum, YNAB akan membagi penghasilan kamu ke dalam beberapa kebutuhan spesifik, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan jajan bulanan hingga tabungan. Bisa dibilang, YNAB adalah financial planner yang cocok buat kamu!

Coin Base

Coin Base

Jika dua aplikasi pengelolaan keuangan sebelumnya berdasarkan kebutuhan sehari-hari, Coin Base bisa dibilang lebih spesial. Sebab, Coin Base merupakan sebuah aplikasi yang diperuntukkan bagi kamu untuk menukarkan mata uang digital, mulai dari bitcoin, ethereum hingga litecoin.

Dengan kata lain, Coin Base merupakan aplikasi keuangan yang bertujuan untuk mencari keuntungan. Seperti sebuah saham, kamu bisa mengalami keuntungan ataupun kerugian apabila tidak melakukannya berdasarkan perhitungan yang matang.

Fyi, Coin Base memperbolehkan kamu untuk melakukan penukaran mata uang digital hingga 25 ribu dollar di setiap harinya. 

Baca Juga: 4 Alasan Coffee Shop Wajib Menggunakan Aplikasi Akuntansi Gratis

Aplikasi Keuangan Acorns

Acorns

Ingin memanfaatkan teknologi sebagai cara untuk mengelola tabungan kamu? Itu berarti kamu harus menggunakan Acorns. Sebab, aplikasi pengelola keuangan tersebut bisa membantu kamu mengurangi pembelian yang tidak penting.

Cara mereka cukup unik, yakni dengan mengkoneksikan kartu kredit ke dalam akun Acorns. Nantinya, akun tersebut akan memberikan semacam nasihat agar pengeluaran kamu tidak boros. Sebaliknya, Acorns juga akan membagikan tips untuk mengubah cara pandang kamu terhadap uang.

Payper dari Paper.id

Digital Payment at Paper.id

Aplikasi keuangan terakhir biasa digunakan untuk para pelaku usaha menyelesaikan pembayaran tagihan mereka. Payper, sistem pembayaran digital ini mempermudah kamu ketika akan bertransaksi dengan klien sebab semuanya bisa diselesaikan dengan aman. Enaknya lagi, tidak ada biaya potongan apapun.

Transaksi dengan Payper bisa dilakukan melalui bank transfer via virtual account ataupun kartu kredit. Selain itu, semua rekapan tagihan akan tercatat secara lengkap sehingga kamu bisa melakukan penyimpanan data tanpa takut ada yang hilang.

Payper adalah bagian dari Paper.id yang telah digunakan oleh lebih dari 50 ribu pelaku usaha di Indonesia. Jadi, kamu juga bisa saling bertransaksi sesama pengguna Paper.id tanpa harus takut adanya penipuan. Daftar disini buat gabung ke Paper.id secara gratis!

Fyi, Paper.id juga tersedia dalam bentuk aplikasi yang memudahkan kamu dalam pengiriman invoice, pembuatan laporan keuangan hingga pengelolaan stok. Klik banner di bawah ini untuk bisa download secara gratis.

google_play_customer_io
Daniel Nugraha