fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Tips Liburan untuk Pengusaha! Murah, Nyaman, Kegiatan Bisnis Tetap Aman

Fery Andriawan | December 11, 2018
Tips Liburan

Tips Liburan

Rate this post

Menjelang akhir tahun 2018, banyak hal yang perlu di rencanakan untuk menyongsong datangnya tahun baru. Banyak resolusi yang terpikirkan membuat kita merasa tertantang untuk meraihnya. Namun ada baiknya sebelum menjalankan itu semua, kita bisa merencanakan liburan untuk merayakan perjalanan di tahun 2018. Tujuannya adalah menghadiahi diri kita yang sudah bersusah payah bekerja ataupun berbisnis, dan juga rehat sejenak dari kehidupan tersebut.

Liburan yang diimpikan banyak orang adalah liburan yang murah namun tetap nyaman. Apalagi, menjelang akhir tahun banyak orang yang sudah merencanakan liburan dari jauh hari untuk menghemat biaya. Namun rencana tersebut tidak mudah di rancang begitu saja, karena untuk beberapa orang, mereka sibuk dengan urusan bisnis yang sudah cukup memakan waktu. Bagi mereka yang mempunyai banyak pelanggan pasti akan kerepotan merencanakan liburan, karena pelanggan bisa kapan saja menelpon atau meminta kabar tentang orderannya, menanyakan stok, atau meminta penawaran harga. Bagi para pelaku usaha seperti ini, ada beberapa tips untuk merencanakan liburan tanpa menguras kantong, namun tetap menjaga kelancaran bisnisnya:

1. Tips Liburan: Menentukan Destinasi Wisata ala Backpacker

Penentuan destinasi adalah hal yang paling sulit, kita harus pintar-pintar membaca referensi destinasi wisata yang sesuai dengan keinginan, namun dengan biaya yang pas di kantong. Informasi yang di dapat bisa dari banyak sumber, bahkan banyak website yang sudah membuat rincian harga liburan ala backpacker yang pastinya hemat di kantong. Selain biaya yang lebih murah, liburan ala backpacker juga membuat anda lebih banyak mengunjungi tempat-tempat baru di destinasi wisata tersebut.

2. Siapkan Fisik sebelum Berlibur

Bagi para pengusaha yang tidak mempunyai waktu istirahat yang cukup atau jarang berolahraga, hal ini harus diperhatikan. Karena saat berlibur, mungkin saja Anda tidak terbiasa dengan kegiatan yang melelahkan seperti berjalan jauh. Maka ada baiknya sebelum berlibur, persiapkan fisik Anda dengan berolahraga, makan teratur, minum multivitamin, dan juga berusaha tidur dengan jam yang teratur.

3. Memberi Kabar kepada Pelanggan/Klien Penting

Bagi mereka yang mempunyai usaha berhubungan langsung dengan pelanggan, kapan saja bisa terjadi komunikasi bisnis. Namun ada kalanya pelanggan juga harus mengerti jika para pengusaha sedang melangsungkan hari libur. Maka sebagai pemilik usaha yang baik, Anda juga bisa berinisiatif untuk memberi kabar kepada para pelanggan jika Anda akan berlibur di tanggal tertentu dan mungkin akan sulit untuk dihubungi. Jika Anda sudah melakukan hal tersebut, pelanggan Anda pasti akan mengerti dan preventif agar tidak mengganggu kegiatan liburan Anda.

4. Gunakan Aplikasi untuk Memantau Bisnis

Sebagai pengusaha, berlibur adalah kegiatan yang tepat untuk terlepas dari kegiatan bisnis sehari-hari. Namun tak dapat dipungkiri, Anda tidak dapat terlepas begitu saja dengan kegiatan tersebut. Mungkin di beberapa hari terakhir liburan, Anda ingin memantau bisnis dari sisi pemasukan ataupun pengeluaran, atau ada beberapa tagihan yang akan jatuh tempo. Pastinya Anda akan kerepotan untuk menindaklanjuti hal tersebut saat liburan. Gunakanlah aplikasi yang dapat membantu Anda mengingatkan para pelanggan tentang tagihan, serta dapat melihat laporan keuangan real time saat liburan.

Ingin mengetahui aplikasi yang cocok untuk memantau bisnis?

 

5. Mempersiapkan rencana kegiatan setelah liburan

Tips liburan terakhir adalah beristirahat sejenak dari kesibukan. Setelahnya, Anda harus tetap menjalankan kegiatan bisnis. Pastinya para pengusaha ingin membuat resolusi untuk tahun yang baru, namun tidak banyak pengusaha yang membuat jadwal pasti untuk esok hari, seminggu ke depan, atau sebulan ke depan.

Maka dari itu, sebelum Anda menikmati waktu liburan, sebaiknya Anda sudah menyusun jadwal kegiatan yang akan dilakukan setelah berlibur. Hal ini akan menjaga kelancaran bisnis di kemudian hari. Hal ini akan membuat liburan Anda lebih nyaman dan memberikan rasa tenang saat berlibur karena sudah mempunyai rencana kegiatan untuk ke depannya.

Beberapa tips tersebut akan membantu Anda nyaman berlibur dan bisnis tetap berjalan dengan lancar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *