fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Mudahnya Lakukan Tagihan Bulanan Berkala Untuk UMKM Lokal

Fery Andriawan | November 21, 2018
tagihan bulanan

tagihan bulanan

Rate this post

Menurut statistik yang didapatkan dari statista.com, penggunaan ecommerce dan marketplace mampu meningkatkan penjualan bisnis mencapai 57%. Oleh karena itu, banyak para pelaku UMKM berlomba-lomba untuk menutup toko fisik mereka dan mulai secara gencar melakukan Go-Online. Ada banyak sekali cara membuat toko online, mulai dari penggunaan sosial media dan juga marketplace online yang telah tersedia.

Meningkatnya sebuah transaksi, membuat seorang pelaku UMKM harus bekerja keras mengelola bisnisnya, seperti membuat katalog baru, transaksi dengan pelanggan hingga hal minor-minor lainnya. Salah satu kegiatan bisnis yang terlihat mudah tapi ternyata cukup memusingkan adalah ketika Anda diharuskan mengirimkan invoice penjualan.

Mengirimkan invoice ke beberapa orang memang bukan masalah. Tetapi, bagaimana Anda bisa memiliki waktu luang ketika harus mengirimkan tagihan ke ratusan konsumen yang berbeda? belum lagi, Anda diwajibkan juga untuk mengelola kegiatan bisnis lainnya. Jika Anda memiliki pengalaman yang serupa, tenang saja. Sebab, Anda tidak sendiri lantaran banyak pengusaha yang merasakan hal serupa.

Tips Terbaik: Buat Tagihan Bulanan Berkala

Tidak mudah untuk mengelola bisnis apabila Anda mengalami permasalahan dalam hal pengiriman invoice. Oleh karena itu, Apabila Anda ingin tidak dipusingkan dalam mengelola tagihan dari pelangan, lakukan beberapa hal di bawah ini:

– Buat daftar tagihan pelanggan Anda.
– Pisahkan antara pelanggan yang hanya satu kali transaksi dan pelanggan tetap.
– Kelompokkan data daftar pelanggan tetap Anda ke dalam tagihan bulanan.
– Siapkan sebuah invoice yang ditujukan untuk para pelanggan tetap Anda.
– Buat tagihan tersebut secara manual dan kirimkan melalui email.
– Ulangi pengiriman invoice setiap bulannya secara manual dengan surat elektronik tersebut.

Anda bisa mengirimkan tagihan dengan mudah tanpa harus mengganggu kegiatan bisnis lainnya. Selain itu, Anda bisa luangkan waktu itu untuk bertemu dengan investor ataupun penanam saham agar terus berupaya mengekspansi ke target pasar yang lebih luas. Namun, apakah pembuatan tagihan bulanan secara manual itu benar-benar efektif? sebenarnya, ada juga yang online dan lebih mudah.

Tagihan Bulanan Dibuat Otomatis?

Salah satu masalah dalam pembuatan tagihan bulanan secara manual adalah Anda harus melakukan pengiriman setiap waktu. Dengan kata lain, tagihan yang dikirimkan belum otomatis terkirim ke pelanggan. Jadi, bagaimana jika Anda sewaktu-waktu lupa? Anda pasti akan mendapatkan pembayaran yang lebih lama dari biasanya. Apabila hal itu terjadi arus kas pasti akan tergganggu sehingga bisnis tidak akan berjalan dengan lancar.

Lantas, bagaimana cara membuat tagihan yang dikirimkan tersebut menjadi otomatis? Mudah, kenapa tidak menggunakan Paper.id saja? Software invoicing #1 di Indonesia tersebut memiliki sebuah layanan yang memudahkan Anda mengirimkan tagihan secara berkala. Fitur tersebut dinamakan Billing. Keberadaan Fitur Billing ini akan memastikan tagihan Anda sampai secara tepat waktu tanpa harus mengirim berkali-kali.

Uniknya lagi, Fitur Billing dari Paper.id bukan hanya bisa mengirimkan tagihan secara bulanan tetapi juga harian, mingguan atau bahkan tahunan. Semuanya bisa diatur semau dan sesuka Anda. Hanya dengan sekali melakukan pembuatan invoice, tagihan tersebut akan otomatis terkirim berkali-kali sesuai dengan kehendak dan pengaturan dari Anda yang mempunyai usaha.

Cara Memakai Fitur Billing di Paper.id

Fitur Billing Paper.id

Fitur Billing Paper.id

Jika bisnis Anda ingin mendapatkan akses otomatis dalam mengirimkan tagihan kepada pelanggan, Anda bisa langsung mengaksesnya secara mudah di Paper.id. Software invoicing #1 di Indonesia bisa Anda gunakan untuk mempermudah bisnis. Selain itu, Paper.id bisa digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Oke, Anda sudah mendaftarkan diri sebagai bagian dari Paper.id, terus gimana caranya menggunakan fitur billing?Ikuti langkah-langkahnya dengan mudah seperti yang tertulis di bawah ini ya.

Membuat tagihan Anda otomatis terkirim secara berkala di Paper.id sangatlah mudah, seperti:

Klik Fitur Billing di dalam dashboard Anda. Setelah itu, Anda akan melihatkan dua opsi yaitu Plan dan Schedulers. Isi bagian Plan dengan menggunakan deskripsi dari pengirim, penerima barang, produk hingga beberapa hal lainnya. Jangan lupa, di dalam bagian tersebut, Anda bisa mengatur seberapa lama tagihan itu dibuat, bisa perhari, perbulan ataupun pertahun. Jangan lupa, isi bagian jatuh tempo.

Setelah itu, Anda masuk ke dalam Schedulers untuk mengisi tentang jadwal pengiriman serta berapa lama tagihan itu dikirimkan kepada pelanggan. Semuanya bisa diatur dengan mudah sesuai dengan keinginan Anda. Mulai membuat tagihan bulanan secara otomatis saat ini juga, silahkan klik tombol di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *