fbpx Paper.id - Invoicing #1 di Indonesia

Anti Kena Tipu, Begini Cara Efektif Bayar Tagihan Arisan Bulanan

Fery Andriawan | January 23, 2019
Tagihan Arisan Bulanan

Tagihan Arisan Bulanan

Rate this post

Tagihan Arisan Bulanan- Mau beli barang mewah tapi hanya memiliki uang pas-pasan? Ada kok cara lain yang bisa ditempuh tanpa harus menghutang. Pernahkah Anda ikut arisan? singkatnya, arisan adalah sekelompok orang yang mengumpulkan uang secara teratur dalam periode waktu tertentu. Hasil dari kegiatan tersebut cukup variatif, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah tergantung dengan nominal yang diikuti.

Kehadiran teknologi pun semakin mempermudah cara seseorang membayar tagihan arisan bulanan. Tak perlu saling bertemu atau bertatap muka, arisan masa kini bisa dilakukan tanpa harus mengenal satu sama lain bahkan berbeda provinsi hingga lintas negara. Lantas, bagaimana kepercayaan bisa tercipta jika arisan tersebut dilakukan dengan seseorang yang tidak dikenal? Faktanya, banyak yang sudah mengalaminya.

Arisan Penipuan

Penipuan Arisan

Penipuan Arisan

Sayangnya, penggunaan teknologi dalam arisan malah dimanfaatkan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan kedok arisan online via media sosial, ada banyak kejadian penipuan yang terjadi di masyarakat. Salah satu yang terbaru terjadi di daerah Ambon dimana puluhan ibu-ibu rumah tangga mengalami penipuan, seperti yang dilansir dari Kompas.

Sebelumnya, di akhir tahun 2018 lalu, penipuan berkedok arisan online juga pernah terjadi di daerah Kalimantan Barat. Ratusan orang bahkan menjadi korbannya dengan kerugian mencapai miliaran rupiah. Ironisnya, yang melakukan tindakan kriminal tersebut merupakan remaja yang umurnya masih di bawah 20 tahun.

Dari kedua contoh di atas, membuktikan jika melakukan arisan online tidak sepenuhnya aman. Akan tetapi, masih ada juga pihak-pihak yang memberikan jasa tersebut. Yang perlu diperhatikan adalah legalitas tempat dan juga keseriusan dari pihak ketiga tersebut yang ingin menyediakan ‘tempat’ bagi mereka para pelaku arisan online.

Tren Terbaru Marketplace

Arisan online tidak selalu berbentuk uang sebab tren ini ditangkap oleh marketplace dan juga ecommerce lokal yang ada di Indonesia. Beberapa toko online tersebut menawarkan arisan berbentuk lain, seperti barang-barang mewah bahkan hingga rumah. Skema yang ditawarkan juga cukup unik yakni mengumpulkan beberapa orang atau anggota yang menginginkan barang serupa. Contohnya bagaimana?

Misalkan, ada seseorang bernama Tio ingin membeli sebuah sepatu berharga 5 juta rupiah dengan menggunakan sistem arisan. Tio harus mencari minimal lima orang dengan tempo waktu 5 bulan. Jadi, dalam sebulan setiap anggota membayarkan satu juta dan barang akan sampai secara bergantian dalam tempo yang telah ditentukan.

Dengan menggunakan metode ini, setiap pihak yang ikut terlibat sama-sama mendapatkan untung. Pihak yang mengikuti arisan mendapatkan barang yang diinginkan dan pihak yang menyediakan ‘tempat’ untung karena menjual barangnya. Lagi pula, metode ini lebih aman dan tidak rawan penipuan dibandingkan arisan yang dilakukan secara online melalui sosial media atau aplikasi chat di smartphone.

Tagihan Arisan Bulanan

Payroll Adalah - Paper.id

Payroll Adalah – Paper.id

Tidak semua orang menyukai arisan online yang berbentuk dengan barang. Oleh karena itu, Anda harus mencari software yang dapat mencatat tagihan arisan bulanan secara tepat dan akurat. Pernah berpikir untuk menggunakan Paper.id? Software Akunting #1 di Indonesia tersebut dapat mencatat tagihan tersebut secara akurat setiap bulannya dalam metode recurring atau tagihan otomatis.

Biasanya, tagihan arisan ditarik setiap satu minggu atau satu bulan sekali. Di Paper.id, Anda bisa menggunakan reminder atau pengingat sehingga peserta yang ikut ke dalam arisan tersebut tidak lupa membayar tagihannya. Dengan begitu, arisan yang dijalani pasti akan tidak akan molor dari jadwal yang ditentukan. Paper.id hanya mencatat dan melakukan penagihan sementara uang dikelola oleh ‘panitia’ dari arisan itu sendiri.

Mau arisan online Anda jadi nyaman dan anti kena tipu, kan? Yuk, mulai gunakan sistem recurring di Paper.id agar aktivitas arisan Anda dengan teman-teman menjadi lebih aman. Mau mulai sekarang? mudah kok silahkan klik gambar yang telah tersedia di bawah ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *